Rambut berminyak disebabkan oleh produksi sebum yang tinggi. Menurut para ahli, ada beberapa kesalahan dalam aktivitas sehari-hari yang membuat rambut kamu lepek dan berminyak. Berikut di antaranya:

1. Tidak membersihkan sisir

8 Kesalahan yang Membuat Rambut BerminyakFreepik.com

Sisir kamu bisa menjadi tempat tinggal para bakteri. Debu dan sisa zat kimia dari produk perawatan rambut dapat menumpuk di beberapa area sisir. Tanpa disadari, kamu jadi sering merapikan rambut dengan sisir yang kotor. Hal inilah yang membuat rambut akhirnya jadi lepek dan berminyak.

2. Menguncir rambut semalaman

8 Kesalahan yang Membuat Rambut BerminyakFreepik.com

Jika terbiasa mengikat rambut di malam hari untuk menghindari kusut, mungkin kamu harus memikirkan kembali kebiasaan tersebut. CJ Dougherty, seorang penata rambut mengatakan, ketika rambut dikuncir ke atas semalaman, semua minyak alami jadi terpusat di kulit kepala.

"Hal tersebut mencegah minyak tersebar ke seluruh helai rambut. Alhasil, rambut akan terlihat berminyak--terutama di area dekat akar rambut," ungkap CJ.

3. Menyentuh rambut terlalu sering

8 Kesalahan yang Membuat Rambut Berminyakkristenwicce.com

Mungkin sudah menjadi kebiasaan kamu untuk sering menyentuh rambut. Namun, hal tersebut dapat membuat kotoran dan minyak dari tangan berpindah ke rambut kamu. Ini mirip dengan kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan yang akhirnya menjadi penyebab jerawat. Kita tidak tahu kotoran dan kuman apa saja yang menempel di tangan. Oleh sebab itu, jangan sering-sering memegang rambut ya Bela!

4. Kurang asupan vitamin B

8 Kesalahan yang Membuat Rambut BerminyakPexels.com/Anna Shvets

Vitamin B diketahui dapat memengaruhi kadar panthenol dan sebum yang membantu rambut tetap sehat serta berkilau. Vitamin B juga dibutuhkan untuk “memberi makan” folikel rambut dengan benar. Kurangnya asupan vitamin B membuat rambut mengalami ketidakseimbangan sebum dan akhirnya berminyak.

5. Menggunakan produk yang tidak cocok

8 Kesalahan yang Membuat Rambut BerminyakShutterstock/LarsZ

Meskipun sampo favorit kamu memiliki aroma yang menyegarkan, tetapi itu dapat membuat rambut berminyak jika kandungan minyaknya terlalu banyak. Untuk produk perawatan rambut, ada baiknya memilih yang bebas petroleum, mineral, sulfat, dan pewarna buatan.

6. Keramas berlebihan

8 Kesalahan yang Membuat Rambut BerminyakFreepik.com

Bukannya memiliki manfaat, keramas terlalu sering justru membuat rambut berminyak. Setiap mencuci rambut, minyak alami dari kulit kepala akan terkikis. Untuk mengatasinya, tubuh mencoba menggantinya dengan memproduksi minyak lebih banyak. Namun, makin sering kamu keramas, makin banyak minyak yang hilang. Akibatnya, tubuh pun makin aktif memproduksi minyak yang akhirnya membuat rambut jadi lepek.

7. Sering mengonsumsi makanan penyebab minyak berlebih

8 Kesalahan yang Membuat Rambut BerminyakPixabay.com

Pola makan kamu dapat memengaruhi produksi minyak di kulit kepala. Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis, produk olahan susu, dan daging merah diketahui bisa memproduksi minyak lebih banyak. Dengan kata lain, makanan-makanan tersebut dapat merusak kulit kepala dan membuat rambut kamu berminyak.

8. Tidak rutin mencuci sarung bantal

8 Kesalahan yang Membuat Rambut BerminyakPexels.com

Seberapa sering kamu mencuci dan mengganti sarung bantal? Para penata rambut menekankan pentingnya mengganti sarung bantal secara teratur. Semua minyak dari tubuh dan rumah kemungkinan besar berakhir di bantal. Jadi, jika kamu tidur di atas bantal kotor tersebut, rambut pun akan ikut berminyak.

Itulah 8 kesalahan yang membuat rambut berminyak. Apakah kamu sering melakukannya, Bela?