Mungkin kamu sedang ingin mencoba perawatan rambut baru? Atau ingin menhindari produk berbahan kimia? Cobalah minyak alami sebagai solusi. Dari namanya saja sudah “alami” tentu minim risiko dan hasilnya nggak mungkin instan, tak lupa untuk selalu sesuaikan dengan kondisi kulit rambutmu, ya!

Sekarang ini semakin banyak orang mencoba menjalani hidup sehat, termasuk mengonsumsi makanan organik, tren ini pun nggak ketinggalan untuk produk kecantikan. 

Produk yang ramah lingkungan dengan cepat mendapatkan popularitas, termasuk perawatan rambut. Banyak perempuan bertanya-tanya minyak apa yang cocok untuk rambut mereka, artikel ini akan membantu kamu dalam memilih minyak yang cocok untuk rambut kamu, lho, Bela! Simak ulasan berikut.

1. Minyak kelapa

7 Rekomendasi Minyak Alami untuk Rambut Sehat dan BerkilauUnsplash.com/Tijana Drndarski

Minyak ini adalah salah satu minyak alami serbaguna, selain bagus untuk rambut, minyak kelapa juga baik untuk kulit. Minyak kelapa kaya akan karbohidrat, vitamin, dan mineral yang penting untuk kesehatan rambut.

Ideal untuk: semua jenis rambut, terutama yang memiliki rambut kering, rusak, rapuh, ujung bercabang ataupun rambut kusam.

Khasiat: Minyak kelapa dapat melindungi rambut dari kerusakan akibat panas, serta memperbaiki rambut rusak dan patah. Gunakan secara teratur untuk mencegah rambut rontok, menjaga kilau rambut dan sehat.

Cara pemakaian: untuk pemilik rambut berminyak, gunakan minyak kelapa pada ujung rambut dan jangan sampai akar. Sedangkan untuk rambut kering, oleskan minyak dari akar rambut hingga ujung rambut. Saat pemakaian, biarkan selama 30 menit lalu bilas dengan sampo. Lakukan seminggu sekali.

2. Minyak argan

7 Rekomendasi Minyak Alami untuk Rambut Sehat dan Berkilaubulgarianoils.com

Minyak argan atau bisa disebut minyak Moroko. Kaya akan asam lemak, antioksidan, dan Vitamin E. Pilihlah minyak argan organik karena diproses secara minimal dan tidak mengandung bahan kimia atau aditif, ini paling baik untuk digunakan.

Ideal untuk: rambut kering, rapuh, kusut, atau kasar karena sering ditata dan terkena panas, juga cocok untuk rambut yang cenderung berminyak.

Manfaat: minyak argan melindungi rambut dari kerusakan akibat sinar UV dan panas. Ini juga dapat melembapkan dan menghaluskan rambut, membuat rambut mudah diatur serta memberikan kilau alami.

Cara pemakaian: konsistensi minyak argan tidak terlalu berminyak seperti minyak kelapa, maka kamu dapat menggunakannya lebih sering, bahkan setiap hari. 

Cara penggunaan yang paling disarankan adalah tuangkan beberapa tetes minyak argan ke tangan, gosok secara bersamaan, lalu oleskan pada rambut sampai ujung rambut, namun jangan sampai terkena akar rambut.

3. Minyak jojoba

7 Rekomendasi Minyak Alami untuk Rambut Sehat dan BerkilauPinterest.com

Minyak jojoba memiliki banyak karakterisitik yang mirip dengan sebum, minyak yang diproduksi rambut secara alami. Namun, tenang saja, Bela, minyak ini nggak akan menggangu keseimbangan alami kulit kepala kamu. 

Minyak jojoba bekerja dengan meresap ke dalam batang dan folikel rambut. Minyak ini dapat menjadi pelembap yang bagus dengan antibakteri. Unrefined jojoba oil adalah jenis minyak paling baik untuk digunakan.

Ideal untuk: rambut kering, rusak tau kusam, dan rambut yang memiliki masalah ketombe.

Manfaat: minyak jojoba dapat melembapkan rambut, mecegah ketombe dan kulit kering, serta menjadikan rambut lembut berkilau.

Cara pemakaian: ada beberapa cara menggunakan minyak jojoba, diantaranya kamu bisa aplikasikan ke kulit kepala sebelum keramas dan diamkan selama 30 menit.

Kamu bisa didiamkan semalam, kamu juga bisa coba tambahkan beberapa tetes ke kondisioner atau langsung oleskan ke ujung rambut setelah keramas.

4. Minyak almond manis

7 Rekomendasi Minyak Alami untuk Rambut Sehat dan BerkilauPinterest.com

Minyak almond manis adalah minyak yang berasal dari biji almond yang secara khusus ditanam agar memiliki rasa yang manis. 

Tidak hanyak enak untuk dimakan, sweet almond oil juga mengandung vitamin E, asam lemak, protein, dan antioksidan, serta magnesium yang dapat membantu pertumbuhan rambut dan mengurangi kerusakan rambut.

Ideal untuk: rambut kering dan rusak, rambut mudah berketombe, serta rambut yang memiliki masalah kerontokan.

Manfaat: minyak almond manis dapat melembapkan, melindungi rambut rontok, dan kerusakan. Untuk pemakaian rutin dapat membantu menumbuhkan rambut lebih panjang dan kuat.

Cara pemakaian: hangatkan 1 sendok makan minyal almond manis lalu oleskan ke kulit kepala, pijat lembut, dan biarkan semalaman lalu bilas di pagi hari. 

Atau kamu juga bisa berikan beberapa tetes minyak ke tangan lalu ratakan ke rambut setengah kering, dan biarkan rambut mengering dengan sendirinya dapat membuat rambut bebas kusut.

5. Minyak biji anggur

7 Rekomendasi Minyak Alami untuk Rambut Sehat dan BerkilauPinterest.com

Grapeseed oil adalah ekstrak biji anggur yang diperas dingin, mengandung emolien, antikoksidan dan nutrisi yang paling penting untuk pertumbuhan sel-sel rambut dan kulit yang sehat. 

Meskipun memiliki kualitas pelembap yang sama seperti minyak alami lainnya, minyak biji anggur lebih unggul dalam mengatasi kerontokan, melawan ketombe, dermatitis dan dapat membantu manyuburkan rambut.

Ideal untuk: rambut kering, kusam dan rapuh, serta rambut mudah berketombe.

Manfaat: minyak biji anggur dapat melembapkan, merawat rambut kusut dan ujung bercabang, melawan ketombe, serta mengurangi radang kulit kepala seperti dermatitis. Kandungan vitamin E yang tinggi mendorok produksi asam linoleat yang membantu memulihkan kekuatan rambut.

Cara pemakaian: minyak ini tidak berbau dan ringan untuk pemakaian setiap hari. Kamu bisa coba menggunakan sebagai perawatan deep conditioning, dengan cara lapisi rambut dengan minyak secukupnya dan biarkan 10 menit.

Lalu bilas dengan air dingin untuk rambut berkilau dan lembap. Untuk perawatan ketombe, gosokkan minyak langsung ke kulit kepala dan diamkan semalaman, kalau bisa, lapisi dengan handuk hangat.

6. Minyak lavender

7 Rekomendasi Minyak Alami untuk Rambut Sehat dan Berkilauverywellmind.com

Minyak lavender adalah minyak esensial yang berasal dari bunga lavender. Penelitian menunjukkan bahwa penggunakan minyak lavender dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, serta mengandung antimikroba dan antiseptic sehingga aman digunakan penderita ketombe.

Ideal untuk: semua jenis rambut terutuama yang cenderung memiliki rambut berminyak.

Manfaat: minyak lavender meningkatkan pertumbuhan rambut tanpa efek samping, mencegah rambut rontok, melembapkan rambut, dan menyeimbangkan produksi sebum. 

Penggunaan secara rutin menghasilkan rambut menjadi tebal, selain itu minyak lavender telah terbukti dapat meredakan stress dengan aroma yang khas dan menenangkan.

Cara pemakaian: karena minyak lavender adalah minyak esensial, penggunaannya harus dicampur dengan minyak alami seperti minyak kelapa atau minya zaitun. 

Caranya yakni campurkan dengan 8-10 tetes minyak lavender dengan 2 sendok makan minyak kelapa atau minyak zaitun, lalu pijat ke kepala dengan lembut, diamkan semalaman dan bilas di pagi hari. Kamu juga bisa mencampurkan beberapa tetes ke shampoo atau conditioner untuk rambut lembap dan harum.

7. Minyak serai

7 Rekomendasi Minyak Alami untuk Rambut Sehat dan BerkilauPinterest.com

Minyak serai atau sereh ternyata memiliki manfaat untuk perawataan rambut, lho, Bela! Minyak ini mengandung vitamin dan mineral yang memiliki khasiat memperkuat folikel rambut, dan mencegah kerontokan.

Ideal untuk: semua jenis rambut terutama yang memiliki rambut kering dan berketombe

Manfaat: minyak serai memiliki manfaat antijamur dan antivirus, serta efektif dalam meredakan kulit kepala kering dan ketombe. Selain itu, minyak serai juga dapat mencegah kerontohkan rambut dan dikebal sebagai pereda stress.

Cara pemakaian: sama dengan minyak lavender, jangan pernah meneteskan minyak esensial langsung ke kulit tanpa dicampur dengan minyak alami seperti minyak kelapa atau minyak zaitun. Kamu bisa tambahkan 10 tetes minyak serai ke shampoo atau conditioner kamu, atau tambahkan 2-3 tetes ke rambut kamu bersamaan dengan conditioner lalu pijat lembut.

Itulah beberapa rekomendasi minyak alami yang baik untuk perawatan rambut, manfaat, serta cara pemakaiannya. Silahkan mencoba!

Baca Juga: Lawan 3 Masalah Rambut Dengan Sampo Super Ini!