Masalah umum yang sering terjadi pada kulit kepala yaitu ketombe. Ketika kulit mengelupas membuat kamu gatal dan kurang percaya diri, setuju nggak? Apalagi saat kamu mengenakan pakaian bewarna gelap, serpihan ketombe tidak terlihat dirambut namun terjadi dibajumu. Hal itu pasti bikin kamu bete seharian. Ketombe muncul dikarenakan iritasi kulit atau kurang bersih ketika keramas, tetapi ada hal lain yang perlu kamu tahu tentang penyebab ketombe. Apa saja? Simak terus artikelnya ya!

1. Kulit kering

8 Penyebab Ketombe yang Wajib Kamu KetahuiSaloninvi.com

Perlu kamu ketahui, ketika tubuh mengalami kekeringan, hal itu dapat menyebabkan kulit kepala pun akan kering, mengelupas, dan gatal sebab tidak memiliki cukup minyak dirambut. Hal ini memicu ketombe untuk muncul dan biasanya cenderung berbentuk lebih kecil, hingga bewarna lebih putih. Sebaiknya, kamu lebih memberikan kelembapan pada kuilt kepala seperti minyak kelapa yang bisa dijadikan pilihan alami untuk mengatasi ketombe.

2. Mengalami iritasi dan berminyak

8 Penyebab Ketombe yang Wajib Kamu KetahuiHealthline.com

Selain kulit kering, salah satu penyebab ketombe adalah kulit mengalami iritasi dan berminyak ditandai dengan kulit bewarna merah, berminyak, dan bersisik. Hal itu disebut Dermatitis Seboroik yang dapat mempengaruhi kulit dan aera minyak lainnya seperti alis, sisi hidung, bagian belakang telinga, tulang dada, area selangkangan, dan terkadang ketiak. 

3. Jarang keramas

8 Penyebab Ketombe yang Wajib Kamu KetahuiShutterstock

Kalau kamu merasa tidak cukup keramas, mulai sekarang coba untuk berubah dan lebih teratur sebab saat kamu malas, minyak dan sel-sel kulit dari kepala akan menumpuk dan akhirnya menjadi penyebab ketombe.

4. Jamur

8 Penyebab Ketombe yang Wajib Kamu KetahuiSelf.com

Penyebab ketombe lainnya adalah jamur yang biasanya hidup di kepala orang dewasa. Hal ini dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan lebih banyak sel kulit tumbuh, kemudian mati dan rontok, membuatnya tampak putih dan terkelupas. 

Uniknya, kondisi ini juga dipengaruhi oleh seberapa kuat daya tahan kulit kepala kamu, sebab kepala setiap orang memiliki sensitivitas dan daya tahan yang berbeda. 

5. Diet

8 Penyebab Ketombe yang Wajib Kamu KetahuiLeaf.nutrisystem.com

Nah,  untuk kamu yang sering diet, ternyata hal ini menjadi penyebab ketombe lho. Tidak mengosumsi cukup makanan yang mengandung vitamin B dan beberapa jenis lemak dapat meningkatkan risiko terhadap ketombe. Untuk menghilangkan ketombe, berhenti untuk diet sementara dulu ya, Bela!

6. Stres yang berlebihan

8 Penyebab Ketombe yang Wajib Kamu KetahuiDailypioneer.com

Percaya atau tidak, ternyata penyebab ketombe adalah stres yang terlalu berlebihan sebab saat kita merasa pusing dapat menyebabkan perubahan pada hormon akhirnya menghasilkan banyak minyak terutama pada kulit kepala. Mulai berfikir positif dan penuhi hari kamu dengan ceria ya Bela, agar tetap sehat!

7. Menggunakan produk perawatan rambut yang salah

8 Penyebab Ketombe yang Wajib Kamu KetahuiFemaleadda.com

Menggunakan produk perawatan memang penting untuk kesehatan kulit rambut. Tapi ternyata ada beberapa produk yang dapat memicu kulit kepala merah, gatal, dan bersisik. Jika kamu merasakannya pada pertama kali pemakaian, lebih baik berhenti dan mencoba perawatan rambut yang lebih cocok untuk menghindari ketombe.

8. Faktor usia

8 Penyebab Ketombe yang Wajib Kamu KetahuiRxsaver.retailmenot.com

Ketombe biasanya dimulai pada usia dewasa muda berlanjut hingga usia paruh baya atau lebih tua. Lebih parahnya, bagi sebagian orang, ini bisa menjadi masalah untuk seumur hidup. Wah, hati-hati ya mulai dari sekarang!

Itulah penyebab ketombe pada kepala yang wajib kamu ketahui. Semoga bermanfaat, Bela.