Bad hair day memang menyebalkan, ya, Bela! Rasanya pasti ingin memiliki rambut yang sehat dan berkilau setiap saat seperti iklan sampo. Terdengar mustahil sih, namun nggak ada yang nggak mungkin, kan? 

Walaupun rambut pada iklan sampo sering kali berlebihan, tapi bukan tidak mungkin untuk memiliki rambut yang sehat dan mudah diatur. Dalam artikel ini Popbela akan mengulas tips merawat rambut dari para ahli, lho! Penasaran kan? Simak ulasan berikut ini.

Do’s

Menurut Para Ahli, Ini Do’s & Don’ts dalam Merawat RambutFreepik.com

1. Cuci rambut secara rutin

Mencuci rambut secara teratur memastikan kulit kepala dan rambut bebas dari debu, kotoran, dan minyak berlebih. Namun, rutinitas mencuci rambut harus disesuaikan dengan kondisi atau jenis rambut kamu, ya! 

Apabila kamu memiliki rambut kering, batasi mencuci rambut menjadi dua kali seminggu, bila kamu memiliki rambut berminyak, mencuci rambut setiap hari tentu diperlukan.

2. Gunakan sampo bebas bahan kimia

Semakin sedikit bahan kimia pada sampo, semakin sehat rambutmu kemudian. Jangan sampai salah memilih produk, pilihlah yang lembut dan cocok dengan jenis rambutmu. Sebagai contoh, asam sulfat dan paraben dalam sampo masing-masing digunakan untuk menyabuni dan mengawetkan, tetapi dapat menyebabkan iritasi kulit bila digunakan pada jangka waktu yang lama dan meningkatkan risiko gangguan hormonal.

Menurut Para Ahli, Ini Do’s & Don’ts dalam Merawat Rambutbyrdie.com

3. Gunakan conditioner dengan benar

Penggunakan conditioner ini memang agak tricky, pastikan mengaplikasikan conditioner hanya pada batang sampai ujung rambut dan bilas hingga bersih. Karena apabila tersisa conditioner di rambut dapat menyebabkan ketombe, dan apabila kamu memiliki kulit sensitif bisa menyebabkan jerawat di punggung.

4. Keringkan rambut secara alami

Kita tahu, blow drying rambut memang menjadikan rambut tampak cantik. Namun, panas dari blow dryer dapat mengakibatkan kerusakan pada rambut, usahakan untuk selalu mengeringkan rambut secara alami. Jangan pernah tidur dalam kondisi rambut basah atau menyisir rambut basah, jangan mengeringkan rambut dengan handuk secara kasar karena dapat merusak kutila rambut.

5. Gunakan minyak rambut dengan benar

Gunakan minyak rambut sebelum keramas dan memijat kulit kepala secara lembut dapat melancarkan sirkulasi darah di kulit kepala, mengendurkan otot, meningkatkan kilau dan menutrisi rambut. Jenis minyak yang cocok untuk perawatan rambut diantaranya, minyak kelapa, minyak zaitun, minyak almond, minyak jarak, dan semacamnya, hindari penggunaan minyak mineral pada rambut.

Tips tambahan dari para ahli. Sesekali, oleskan minyak pada rambut dan balut dengan handuk hangat. Gunakan seperti masker untuk menenangkan kutila rambut sebelum keramas.

Menurut Para Ahli, Ini Do’s & Don’ts dalam Merawat Rambutyahoo.com

6. Trim rambut secara rutin

Pangkas rambut kamu setiap 6-8 minggu sekali untuk menghilangkan rambut bercabang. Rambut bercabang bisa disebabkan karena rambut rusak terkena panas, polusi, merokok, stres, dan sebagainya. Walaupun rambut tidak akan tumbuh cepat, setidaknya memotong rambut dapat memastikan rambut sehat.

7. Minum lebih banyak air dan makanan sehat

Perawatan rambut dari luar tidak akan cukup bila tidak dibantu dari dalam tubuh, minumlah setidaknya 3-liter air setiap hari untuk memastikan kesehatan rambut yang baik.

Ada yang mengatakan “you are what you eat” adalah benar adanya. Rambut terbuat dari protein dan asam amino yang membutuhkan nutrisi yang tepat untuk tumbuh dengan baik, mengonsumsi telur, buah beri, kacang-kacangan, ikan, sayuran hijau, ubi jalar adalah beberapa dan banyak makanan bagus untuk rambut sehat.

Don'ts

Menurut Para Ahli, Ini Do’s & Don’ts dalam Merawat RambutUnsplash.com/Adam Winger

1. Keramas dengan air hangat

Mandi air hangat dapat menghilangkan minyak alami dari kulit kepala sehingga menyebabkan kering dan bersisik. Mandi air dingin adalah pilihan terbaik untuk keramas.

2. Stress

Stres dapat menyebabkan rambut rontok dan rambut tidak sehat, manajemen stress adalah kunci utama kesehatan jiwa dan raga, ya, Bela!

Menurut Para Ahli, Ini Do’s & Don’ts dalam Merawat Rambut

3. Menggunakan terlalu banyak bahan kimia

Perhatikan betul komposisi  yang digunakan untuk perawatan rambutmu, jangan sampai salah pilih karna bahan kimia berbahaya dapat memengaruhi folikel rambut, mengganggu pertumbuhan rambut, dan juga menyebabkan rambut rontok.

4. Produk penata rambut

Mencatok rambut, blow dry, dan pengeriting rambut yang digunakan dalam jangka waktu lama akan mengubah tekstur rambut, membuat rambut kering, dan mudah patah.

Menurut Para Ahli, Ini Do’s & Don’ts dalam Merawat Rambutpinterest.com

Untuk mendapatkan rambut sehat memang nggak cukup hanya dari luar saja, mengonsumsi makanan sehat dan minum lebih banyak air sangat diperlukan untuk perawatan rambut. 

Apabila kamu sudah menjalankan perawatan rambut yang baik seperti di atas namun masih mengalami kerontokan tidak wajar, jangan ragu untuk konsultasikan ke dokter.

Itulah tips do’s and don’ts dalam merawat rambut, Bela. Sudahkah kamu mencobanya?