Kalau kamu memiliki masalah rambut tebal yang mengembang apalagi ditambah susah diatur, pasti kamu bingung harus menggunakan produk apa agar rambut halus dan rambut. 

Meskipun tiap perempuan jenis rambutnya berbeda, tetapi kemungkinan rambut kamu mengembang karena akibat penggunaan pewarna atau penghilang warna rambut. 

Tapi tenang saja, Bela. Berikut Popbela akan memberikan tips atau cara untuk mengatasi rambut mengembang. Bagaimana caranya? Intip di bawah ini yuk!

1. Jangan terlalu sering keramas

Nggak Sulit, Ini 5 Cara Mudah Mengatasi Rambut MengembangThesun.com

Perlu kamu ketahui nih, kalau kamu menyukai bahkan sering keramas sampai tiap hari ternyata memicu rambut kamu semakin mengembang sebab kulit kepala menghasilkan minyak alami yang bisa melembapkan rambut tapi jika kamu keramas, maka minyak akan mudah terangkat, maka dari itu rambut akan kering. Usahakan untuk keramas 2-3 hari sekali ya!

2. Pakai sampo dan kondisioner yang mengandung formulasi untuk rambut kering

Nggak Sulit, Ini 5 Cara Mudah Mengatasi Rambut MengembangFreepik.com

Coba gunakan sampo dan kondisioner yang diformulasikan untuk rambut kering karena bisa melembapkan, menghaluskan, bahkan merapikan tampilan rambut. 

Hindari penggunaan sampo yang membuat rambut kamu kusut dan gunakan kondisioner dari tengah rambut hingga batang, setelah itu tunggu selama beberapa menit baru bilas dengan air hingga bersih.

3. Bilas rambut dengan air dingin

Nggak Sulit, Ini 5 Cara Mudah Mengatasi Rambut MengembangFreepik.com

Kegunaan air dingin saat membilas rambut adalah dapat mengunci kutikula rambut, sehingga kelembapan rambut tidak akan cepat hilang dan rambut tampak lebih berkilau dan rambut tidak mengembang. 

Kalau kamu mandi pakai air biasa itu nggak masalah kok, tapi usahakan untuk rambut pakai air dingin ya!

4. Pakai masker rambut

Nggak Sulit, Ini 5 Cara Mudah Mengatasi Rambut MengembangWomensOK.com

Setelah kamu sudah mengikuti aturan sampo dan kondisioner yang benar untuk mengatasi rambut mengembang, wakutnya kamu untuk rutin pakai masker rambut, kamu bisa pakai masker alami seperti susu murni, madu, dan lidah buaya

Caranya juga mudah kok, kamu bisa aplikasikan ke seluruh rambut, diamkan selama kurang lebih 60 menit kemudian bilas dengan air bersih ya!

5. Jangan pakai pengering rambut

Nggak Sulit, Ini 5 Cara Mudah Mengatasi Rambut MengembangLivinggorgeous.com

Setelah kamu keramas atau menggunakan masker rambut, sebaiknya kamu jangan gunakan alat pengering rambut. Biarkan rambut kering dengan sendirinya agar bisa mengatasi rambut kamu yang mengembang. 

Tambah produk pelembap rambut seperti krim, serum, dan minyak rambut agar ketika kering, rambut kamu akan lebih halus dan lebih tampil dengan percaya diri. 

Baca Juga: Sehatkah Keramas Setiap Hari? Ini Efek Sampo Terhadap Rambutmu!