Mau buru-buru ke kantor atau kampus tetapi rambut masih basah? Sudah pasti hair dryer to the rescue! Memperhatikan keindahan rambut sudah pasti hal yang wajib bagi perempuan. Keluar rumah rasanya nggak pede kalau rambut tampak berantakan, hair dryer dan catokan sudah jadi paket komplit yang hampir nggak pernah terlupakan.

Maka dari itu nggak sedikit perempuan yang keramas setiap hari agar ketika mulai beraktivitas di pagi hari rambut mereka tampak fresh. Nah, karena itu juga penggunaan hair dryer sudah seperti kebutuhan sehari-hari. Apakah itu akan merusak rambut rambut atau sebenarnya hal itu sah-sah saja? 

Banyak spekulasi yang simpang siur mengenai ini, ada yang mengatakan ini merusak rambut hingga ke akar atau ini normal saja asal jarak hair dryer nggak terlalu dekat dengan rambut. Berikut fakta sebenarnya!

1. Kerontokan Rambut

Sering Pakai Hair Dryer Bikin Rambut Rusak? Ini Fakta Sebenarnya!wefashionable.com

Terlalu sering menggunakan hair dryer dapat menyebabkan kerontokan. Angin kencang dan panas yang dihasilkan hair dryer dapat membuka pori-pori kulit kepala semakin lebar. Semakin sering kamu memakainya akan semakin besar kemungkinan. Mulai kurangi penggunaan hair dryer atau atur suhu menjadi lebih dingin.

2. Dianjurkan Menggunakan Handuk

Sering Pakai Hair Dryer Bikin Rambut Rusak? Ini Fakta Sebenarnya!pinterest/dormify

Sebaiknya jika kamu memiliki waktu yang lebih luang seusai mandi, keringkanlah rambut menggunakan handuk dibanding hair dryer. Cukup ditepuk-tepuk lembut dan gosok secara perlahan dari akar hingga ujung rambut, yang pasti jangan terlalu kasar karena kondisi rambut basah adalah kondisi dimana rambut sedang rapuh.

3. Rambut Terlalu Basah

Sering Pakai Hair Dryer Bikin Rambut Rusak? Ini Fakta Sebenarnya!wallpaperflare.com

Pemakaian hair dryer nggak disarankan pada kondisi rambut yang masih sangat basah. Keringkan dulu rambut hingga setengah kering dengan handuk atau menggunakan angin yang lebih sejuk seperti kipas angin. Mengapa hal tersebut nggak baik? Karena ketika kondisi rambut sangat lembap dan langsung dipaksa kering dengan uap panas, itu aja merusak kondisi rambut menjadi kering.

4. Atur Suhu Hair Dryer

Sering Pakai Hair Dryer Bikin Rambut Rusak? Ini Fakta Sebenarnya!magazine.job-like.com

Panas yang dihantarkan dari hair dryer akan merusak batang rambut. Apakah kamu bisa bayangkan jika ini terjadi setiap hari? Rambut merupakan bagian tubuh yang paling tipis, meskipun kehadirannya banyak namun jika satu persatu akan rapuh juga nggak baik untuk diteruskan. Usahakanlah membeli hair dryer yang memiliki opsi angin lebih dingin. Mengeringkan rambut dengan angin yang lebih sejuk akan membantu menenangkan rambut.

5. Pakai Vitamin Rambut

Sering Pakai Hair Dryer Bikin Rambut Rusak? Ini Fakta Sebenarnya!photuthaw.com

Melakukan perawatan rambut secara khusus juga diperlukan untuk memelihara rambut agar tetap sehat sehingga jika kamu memiliki aktivitas di luar yang memaksa untuk selalu menggunakan hair dryer kamu nggak perlu terlalu khawatir. Kini sudah banyak vitamin rambut dari yang berbentuk spray, gel, atau botol tuang, kamu bisa memilih sesuai selera dan kebutuhanmu.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Rambut Tetap Sehat Bagi Perempuan Berhijab