Selain membilas rambut dengan sampo dan kondisioner, ada beberapa perawata ekstra yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan rambut. Ada creambathhair mask, dan hair spa. Lalu, di antara ketiga perawatan rambut itu, mana yang cocok untukmu?

Nggak memungkiri, banyak yang merasa kebingungan ketika harus memilih perawatan rambut di salon. Ada yang bilang creambath lebih cocok untuk rambut ini, hair mask cocok untuk merawat rambut yang seperti itu, dan hair spa merupakan perawatan mahal untuk kondisi rambut tertentu. 

Namun sebenarnya, apa perbedaan creambath, hair mask, dan hair spa ini, ya? Melansir dari berbagai sumber, ini perbedaan di antara ketiga perawatan rambut itu.

Jangan Bingung! Ini Bedanya Creambath, Hair Mask, dan Hair Spahairmadnessalon.com

1. Creambath: Merawat akar rambut

Mengutip dari Steemit, creambath merupakan perawatan rambut tradisional yang tertuju untuk akar rambut. Creambath memberikan suplai vitamin untuk menguatkan akar rambut dan menjaga kesuburannya. Perawatan ini umumnya sudah termasuk dengan pijat kepala. Gerakan yang membuat kepala menjadi rileks ini bertujuan untuk membantu penyerapan vitamin masuk ke dalam pori-pori kulit kepala hingga ke akar rambut. Pemijatan kepala ini juga membantu merangsang pertumbuhan rambut, serta membantu melancarkan sirkulasi darah pada kepala sehingga nutrisi rambut dapat mudah diserap.

Mengutip dari Health and Hair Problems, creambath juga melapisi dan melindungi kutikel (lapisan luar rambut). Perawatan yang sudah ada sejak lama ini cocok untuk kamu yang belum pernah menjalani penataan rambut seperti hair coloring, hair straightening, hair curling, atau penataan apapun yang berkenaan dengan bahan kimia yang dapat merusak rambut.

2. Hair mask: Merawat rambut kering

Punya rambut yang kering karena polusi, atau kering karena proses penataan rambut (hair coloring, hair curling, dan sebagainya)? Maka hair mask adalah perawatan yang tepat untukmu. Hair mask cocok untuk merawat rambut yang rusak karena faktor eksternal, dan membuatnya menjadi lebih lembut. 

Namun berbeda seperti creambath, hair mask hanya merawat batang rambut. Selain itu, kamu nggak perlu pijatan kepala atau penggunaan steam karena akan membuat rambut menjadi rontok.

Pada dasarnya, hair mask membantu menjadikan rambut menjadi lebih lembut, halus, dan berkilau. Perawatan ini membantu menguatkan rambut sehingga nggak mudah rusak atau kering.

Jangan Bingung! Ini Bedanya Creambath, Hair Mask, dan Hair Spasouthernliving.com

3. Hair Spa: Merawat rambut yang kusam dan kasar

Jika memiliki rambut yang kusam dan kasar, kamu perawatan yang lebih efektif. Ketimbang creambath, pilihan yang tepat adalah hair spa. Perawatan ini sering disebut sebagai 'creambath plus' karena sebenarnya tetap menggunakan cream, namun ada formula tambahan yang diberikan untuk memaksimalkan hasilnya. 

Umumnya, formula tersebut adalah serum yang berkhasiat untuk merawat akar rambut agar nggak mudah rontok. Hair spa juga dapat menutrisi lebih dalam daripada creambath. Kamu akan mendapatkan rambut yang berkilau, lembut, dan mudah diatur.

Dalam perawatannya, hair spa sedikit berbeda dengan creambath. Pijatan kepala terasa lebih ringan dan nggak akan menggunakan steam. Namun, pihak salon akan melapisi rambut yang sudah dibalur hair spa dengan handuk panas. Ini bertujuan untuk penyerapan yang lebih optimal ke dalam rambut.

4. Rambut ketombe?

Pada dasarnya, masing-masing perawatan dapat membantu mengatasi rambut ketombe. Pihak salon akan menggunakan cream atau masker rambut dengan formula yang berbeda sesuai dengan masalah rambut yang kamu miliki. 

Namun, disarankan untuk memilih hair mask karena perawatan ini cocok untuk rambut yang mengalami kerusakan atau masalah, seperti ketombe. Namun, kamu bisa menanyakan lebih lanjut pada pihak salon langgananmu, Bela untuk mendapatkan rekomendasi terbaik.

Jangan Bingung! Ini Bedanya Creambath, Hair Mask, dan Hair Spaglamour.com

5. Bisa perawatan ketiganya sekaligus?

Apakah mungkin jika kamu melakukan tiga perawatan itu pada rambutmu? Sebagian berpendapat jika lebih baik untuk melakukan salah satu perawatan rambut saja, yaitu yang cocok dengan masalah rambutmu. 

Sebagian lainnya mengatakan jika nggak masalah untuk melakukan tiga perawatan itu secara bergantian. Kalaupun ingin melakukan creambath, hair mask, dan hair spa secara bergantian, lakukan dengan rentang waktu 2 minggu sekali.

Jadi, sudah tahu bedanya creambath, hair mask, dan hair spa, Bela? Ketiganya memiliki cara perawatan dan manfaat yang berbeda-beda. Mana yang sesuai dengan tipe dan masalah rambutmu saat ini?

Baca Juga: DIY: 5 Resep Hair Mask Sesuai Tipe Rambut agar Lebih Berkilau