Fine hair adalah kondisi rambut dengan ukuran diameter helai yang lebih kecil dibandingkan dengan rambut normal pada umumnya. Banyak yang mengartikan fine hair sama dengan rambut yang tipis. Namun sebenarnya, nggak semua pemilik fine hair memiliki rambut yang tipis. Apa kamu memiliki kondisi fine hair, Bela?

Sayangnya, kondisi fine hair menandakan kamu sulit untuk membuat rambut terlihat lebih berisi atau ber-volume. Namun melansir dari Cosmopolitan, para ahli rambut mengatakan kalau orang-orang dengan fine hair memiliki banyak helai rambut pada kulit kepalanya. Artinya, dengan teknik penataan yang tepat, kamu dapat membuat rambutmu terlihat lebih berisi dan sehat! Lalu, tips apa saja yang bisa dicoba untuk menata rambut tipe fine hair?

1. Gunakan sampo yang berfungsi menebalkan

Punya Rambut Tipe Fine Hair? Ini 11 Cara Membuatnya Terlihat TebalPexels.com/Bennie Lukas Bester

Sampo terbaik untuk rambut tipe fine hair adalah sampo yang dapat memberikan efek menebalkan. Jadi ketimbang memilih berdasarkan wanginya, kamu perlu mencari sampo yang memiliki klaim 'thickening', 'volumizing' atau 'lightweight' pada labelnya. Setelah memilih sampo dengan efek menebalkan, jangan lupa untuk rutin menggunakannya pada rambutmu, Bela, setidaknya sehari sekali. 

Sebab, rutin keramas dapat menjaga kulit kepala tetap sehat sehingga dapat mendukung pertumbuhan rambut, serta membersihkan kelebihan minyak pada akar rambut. Jarang mencuci atau jarang keramas justru dapat memicu kulit kepala mengelupas yang dapat menyebabkan kerontokan rambut.

2. Kondisioner sebelum sampo

Punya Rambut Tipe Fine Hair? Ini 11 Cara Membuatnya Terlihat TebalPixabay.com/Social Butterfly

Sering memakai kondisioner? Mungkin selama ini kamu salah urutan dalam menggunakannya. Jika memiliki rambut tipe fine hair. disarankan untuk menggunakannya sebelum sampo. Sebab, tekstur kondisioner yang creamy dapat 'memberatkan' atau menghaluskan helai rambut sehingga membuatnya sulit untuk ditata. Jadi dengan menggunakan kondisioner sebelum sampo, dapat memberikan tekstur yang ideal untuk memberikan volume pada rambutmu.

3. Gunakan mousse

Punya Rambut Tipe Fine Hair? Ini 11 Cara Membuatnya Terlihat TebalPixabay.com/Engin Akyurt

Nggak semua menyukai mousse karena produk ini dapat membuat rambut kering dan lenget. Namun sebenarnya, tekstur rambut itu menjadi kunci untuk menambahkan volume pada fine hair. Baik kamu mengeringkannya secara alami maupun menggunakan hair dryer. 

Untuk rambut tipe fine hair, disarankan menggunakan produk mousse sebanyak sebesar ukuran telur dan aplikasikan secara merata pada keseluruhan rambut yang masih basah, dari akar sampai ujung helai rambut.

4. Tambahkan deep conditioner

Punya Rambut Tipe Fine Hair? Ini 11 Cara Membuatnya Terlihat TebalPexels.com/Moose Photos

Kerusakan rambut bukan hal yang diinginkan semua orang, terutama yang memiliki tipe fine hair. Ketika mengalami kerusakan, bagian pertengahan helai sampai ujung akan mengalami penipisan. Jika mengalami seperti ini, gunakan hair mask atau deep conditioner untuk mencegah dari kerusakan. Lakukan ini sebelum keramas. Dengan begitu, rambutmu nggak akan 'jatuh' dan mudah untuk ditata.

5. Tidur dengan rambut yang dikucir

Punya Rambut Tipe Fine Hair? Ini 11 Cara Membuatnya Terlihat TebalPexel.com/Pixabay

Salah satu cara cepat membuat rambut tipe fine hair terlihat lebih ber-volume adalah dengan tidur sambil mengucirnya. Gulung dan ikat rambutmu menjadi beberapa bagian kecil sebelum tidur. Cara ini nggak hanya membuat rambut terlihat lebih ber-volume, tetapi juga mencegah kekusutan dan tekstur rambut. Jadi, kamu nggak perlu repot-repot menatanya lagi keesokan harinya.

6. Mengisi akar rambut

Punya Rambut Tipe Fine Hair? Ini 11 Cara Membuatnya Terlihat TebalPexels.com/Carol Wd

Root powders merupakan produk yang efektif untuk menutupi akar rambut yang terlihat keabuan. Namun lebih dari itu, produk ini juga dapat menciptakan ilusi rambut yang tebal. Gunakan powder dengan warna yang sama dengan akar rambutmu, dan aplikasikan dengan kuas kecil untuk mengisi area yang perlu ditutupi.

7. Gunakan dry shampoo pada rambut bersih

Punya Rambut Tipe Fine Hair? Ini 11 Cara Membuatnya Terlihat TebalPexels.com/Element5 Digital

Dry shampoo efektif untuk membersihkan rambut dari minyak berlebih. Namun produk ini juga dapat bekerja sebagai texturizing spray pada rambut tipe fine hair. Ketika rambutmu bersih dan terlihat biasa, dry shampoo dapat memberikan tekstur yang kamu butuhkan untuk membentuk rambut ber-volume. Saat menggunakannya, pastikan menyemprotkan dry shampoo dari jarak yang cukup jauh untuk mencegah rambut terkena produk dalam jumlah cukup banyak hingga menghilangkan kilau sehatnya.

8. Gunakan bantuan aksesori

Punya Rambut Tipe Fine Hair? Ini 11 Cara Membuatnya Terlihat TebalPexels.com/Element5 Digital

Ponytail terlihat lesu dan nggak menarik? Kamu harus coba tips ini. Kucir rambut tinggi, lalu bagi dua rambut itu menjadi bagian atas dan bawah. Kemudian, jepitkan penjepit rambut kecil pada bagian tengah di ujung kuciran untuk menambahkan volume. Tarik sedikit rambut agar dapat menutupi hiasan tersebut.

Kalau nggak punya jepitan kecil, kamu bisa mendapatkan efek volume yang sama hanya dengan ikat rambut. Saat ingin melakukan lilitan terakhir, lilit hanya pada setengah rambut bagian bawah. Dengan begitu, ini akan membuat rambut bagian bawah 'jatuh' dan rambut bagian atas 'terangkat'. Jadilah ilusi ponytail dengan rambut yang lebih tebal.

9. Backcombing

Punya Rambut Tipe Fine Hair? Ini 11 Cara Membuatnya Terlihat TebalPexels.com/Pixabay

Backcombing atau menyisir rambut ke arah sebaliknya dapat menjadi cara lain untuk membuat akar rambut terlihat lebih ber-volume. Ambil sedikit bagian rambutmu dan angkat menjauh dari kepala. Pada bagian bawah rambut itu, sisipkan sisir dengan ujung kecil lalu dorong rambut secara perlahan ke arah kepala. Ini seperti menyisir ke arah sebaliknya, bukan?

Setelah itu, semprotkan hairspray pada akar di setiap bagian rambut. Ulangi teknik ini sebanyak mungkin sesuai keinginanmu untuk menciptakan bentuk dan tekstur yang diinginkan. Lalu, selesaikan dengan menghaluskan permukaan rambut secara halus untuk menutupi backcombing di bawahnya.

10. Konsultasi dengan dokter

Punya Rambut Tipe Fine Hair? Ini 11 Cara Membuatnya Terlihat TebalPexels.com/Pixabay

Masih banyak yang salah mengira jika fine hair sama dengan rambut tipis. Secara ilmiah, fine hair merupakan kondisi rambut yang kamu miliki sejak lahir. Sedangkan rambut tipis adalah suatu kondisi yang dapat berubah dari waktu ke waktu, baik karena genetika maupun karena faktor internal lainnya. Jika merasa bingung, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter untuk membicarakan kondisi rambut dan mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Itu dia 10 tips untuk membuat fine hair terlihat lebih ber-volume dan lebih tebal. Jika memiliki rambut tipe fine hair, kamu bisa mencoba beberapa tips perawatan dan penataan di atas, Bela. Dengan begitu, rambutmu yang semula lebih ‘jatuh’, akan nampak lebih mengembang dan tebal!