Ada pepatah yang bilang kalau “rambutmu adalah mahkotamu,” sepertinya memang benar ya, Bela? Kalau kondisi rambut lagi kurang oke, misalnya rontok atau kusam, bisa bikin tingkat kepercayaan diri kita jadi ikut menurun. 

Meski sekarang lagi sering di rumah aja, jangan abaikan kesehatan rambutmu ya, Bela! Di dalam rumah pun, rambut kamu perlu perhatian ekstra lho. Makanya, kali ini Popbela ingin share tips untuk merawat rambut kamu. Keep scrolling!

1. Menggunakan sampo yang sesuai dengan rambut

Rambut Terlihat Nggak Sehat dan Kusam? Coba 5 Cara ini! Shutterstock/Arturs Budkevics

Shampo nggak perlu mahal, cukup temukan yang pas untuk rambutmu, Bela. Coba perhatikan deh tipe masalah yang kamu alami, apakah kering, oily, atau justru mudah rontok? Sebab, masing-masing masalah punya solusinya sendiri. 

Nah, kalau sudah tahu yang kamu keluhkan, coba lihat berbagai produk sampo yang sesuai dengan kebutuhanmu. Sebab, biasanya hal itu tertera di label packaging sampo. Setelah itu, kamu bisa bereksperimen dan mencobanya, sampo mana yang pas untuk sang ‘mahkota’. Dengan begitu, semoga rambut kamu sehat dan bersinar di tiap helainya!

2. Hindari terlalu sering keramas pakai air hangat

Rambut Terlihat Nggak Sehat dan Kusam? Coba 5 Cara ini! Shutterstock/Cheberkus

Setelah seharian kerja atau beraktivitas, keramas dengan air hangat memang bikin rileks. Tapi, harus tahu juga nih bahwa terlalu sering keramas dengan air hangat juga bisa buat akar rambut jadi cepat rusak. Kalau suhunya terlalu panas dan durasinya lama bisa bikin kering dan rontok. 

Sesungguhnya, ada bagusnya kok keramas pakai air hangat untuk tipe rambut berminyak. Apalagi, ini bisa membantu mengangkat minyak berlebih. Tapi kalau terlalu sering, bisa menghilangkan minyak alami kulit kepala. No, no, jangan sampai hal itu terjadi.

3. Pemberian vitamin rambut kering

Rambut Terlihat Nggak Sehat dan Kusam? Coba 5 Cara ini! Shutterstock/New Africa

Seperti merawat mahkota, merawat rambut juga perlu menggunakan vitamin. Bela bisa menggunakan yang diteteskan langsung ke rambut atau ada juga yang diminum. Jadi nggak hanya dirawat dari luar tetapi juga dari dalam. 

Untuk perawatan dari dalam, kamu bisa coba nih Program 12 Hari Realfood Hair Power yaitu program sehat Realfood terbaru yang dirancang khusus untuk membantu menutrisi rambut sehingga dapat turut membantu mengurangi rambut, rontok, mencegah agar tidak kering, menstimulasi pertumbuhan rambut dan bikin lebih berkilau. Oh iya, selain itu juga meningkatkan imunitas tubuh, lho. Mantap, ‘kan? Intinya sih biar bikin rambut shining all day long deh pokoknya! 

Rambut Terlihat Nggak Sehat dan Kusam? Coba 5 Cara ini! Popbela.com/Realfood Hair Power

Program sehat Realfood Hair Power diproduksi dengan teknologi modern, steril, dan menerapkan standar ISO 22000. Serta memiliki sertifikat halal dan BPOM. Jadi, semua aman untuk dikonsumsi dan telah teruji ribuan kali oleh ahli gizi.

4. Atur pola makan dan nutrisi tubuh

Rambut Terlihat Nggak Sehat dan Kusam? Coba 5 Cara ini! Shutterstock/RossHelen

Makanan yang memenuhi nutrisi tubuh juga membantu rambutmu tetap sehat, Bela. Kurangin ya makan tempe goreng, nasi padang, dan makanan berminyak lainnya. Iya semua itu enak banget, tapi demi kesehatan kamu, perbanyak makan sayur dan buah, ya! 

Ada juga kok yang masih enak tapi tetap sehat, seperti program Realfood Hair Power ini. Realfood diformulasi dengan berbagai bahan bermanfaat seperti sarang burung walet yang diperkaya dengan ekstrak lidah buaya dan kolagen sapi, 

Vitamin A, C, dan E dari ekstrak lidah buayanya pun juga membantu mencegah kebotakan, menguatkan akar rambut, dan membuat lebih berkilau. Epidermal Growth Factor (EGF) di dalamnya juga membantu pertumbuhan rambut dan mencegah kebotakan. 

Program 12 Hari Realfood Hair Power dikonsumsi setiap hari untuk memaksimalkan manfaatnya. Realfood dapat dikonsumsi setiap hari karena tidak menggunakan bahan pengawet, pemanis buatan, dan pewarna. Oh iya, Realfood Hair Power juga bisa bertahan selama 12 bulan dalam suhu ruangan sebelum dibuka. Kenapa bisa lama banget? Karena melalui proses produksi yang steril dan menggunakan sistem vacuum cap

Cara konsumsinya juga gampang, selama 12 hari Bela harus rutin minum Realfood Hair Power saat perut kosong agar penyerapan nutrisi bisa maksimal. Paling pas sih waktu satu jam sebelum sarapan atau tiga jam setelah makan malam. Mudah banget, ‘kan?

Selain itu ada juga lho program varian yang lain seperti Bright Sight, Stay Fit, Forever Young, Forever Young+, Wonder Mom, Royal Wellness, Pure Wellness, Ever Glow, dan Ever Glow+. Kalau ingin tahu lebih lanjut tentang Realfood Hair Power, kamu bisa cek di sini kok!

5. Menggosok rambut terlalu kuat dengan handuk

Rambut Terlihat Nggak Sehat dan Kusam? Coba 5 Cara ini! Shutterstock/Zyn Chakrapong

Last, but not least. Sering sekali setelah keramas, kita menggosok rambut terlalu keras. Mulai detik ini, hindari ya! Pasalnya, kutikula rambut masih dalam kondisi rentan dan ringkih. Tentu saja jika menggosok terlalu keras bisa menyebabkan kusut atau bahkan rontok. Ih, nggak mau kan? 

Ada baiknya, kamu mengeringkannya secara alami. Hal itu bisa bikin tetap sehat dan terus bersinar. Oh iya, kalau kamu punya segudang tips lainnya, boleh banget lho buat share di kolom komentar. Sharing is caring! (CSC)

Baca Juga: 5 Cara Merawat Rambut Tipis Agar Tampak Memukau