Dalam merawat rambut memang banyak hal yang terlihat biasa dilakukan namun jika tidak dilakukan dengan benar maka akan menimbulkan kekacauan pada rambutmu seperti tujuh hal buruk yang tanpa disadari kamu lakukan untuk rambutmu. Simak selengkapnya di bawah ini yah!

1. Menyisir rambut yang masih basah

7 Hal Berbahaya yang Dapat Kamu Lakukan Pada Rambut Setiap HariTopsy.one
 

Pasti ini adalah hal yang sangat sering dilakukan kan, Bela? Tetapi sebenarnya, ketika rambut kita masih basah itu jangan disisir terlebih dahulu, apalagi menyisirnya dengan kasar. Karena menurut penata rambut selebriti internasional, Justine Marjan, ia mengatakan bahwa rambut basah itu elastis, jika kita menyisirnya dengan terlalu kasar maka rambut akan menjadi lebih rapuh dan mudah pecah, lho.

2. Tidur dengan sarung bantal berbahan katun

7 Hal Berbahaya yang Dapat Kamu Lakukan Pada Rambut Setiap HariDeltasleeper.com
 

Menurut penata rambut selebriti, Cynthia Alvarez, tidur pada sarung bantal yang berbahan dasar satin lebih baik daripada sarung bantal kapas. Karena, sarung bantal berbahan katun menyebabkan rambut menjadi keriting dan ujungnya pecah. Pasalnya, sarung bantal berbahan katun dapat menyerap kelembapan rambut.

3. Terlalu berlebihan dalam menggunakan alat panas

7 Hal Berbahaya yang Dapat Kamu Lakukan Pada Rambut Setiap HariTheblondesilhouette.com.au
 

Bela, selalu ingat bahwa ada temperatur suhu yang ideal jika ingin menata rambut menggunakan hot tools seperti hair dryer atau flat iron. Sebaiknya, saat menggunakan alat penata rambut bersuhu panas tersebut, pastikan rambut sudah dilindungi oleh produk heat protection

4. Memangkas rambut dalam jangka waktu yang sangat dekat

7 Hal Berbahaya yang Dapat Kamu Lakukan Pada Rambut Setiap HariTheodysseyonline.com
 

Trim rambut memang dibutuhkan untuk menjaganya agar tetap sehat, namun bukan berarti kamu harus melakukannya terrlalu sering. Pasalnya, hal ini nggak akan membuat rambut jadi bertumbuh lebih cepat. 

5. Mencuci rambut dengan air panas
 

7 Hal Berbahaya yang Dapat Kamu Lakukan Pada Rambut Setiap HariMichaelanthonysalondc.com
 

Air yang dipakai untuk mencuci rambut suhunya adalah hangat bukan panas. Hal ini dikarenakan jika suhu air masih terlalu panas dapat menghilangkan minyak dari kulit kepala sehingga membuat rambut menjadi rapuh.

6. Mengikat rambut terlalu kencang

7 Hal Berbahaya yang Dapat Kamu Lakukan Pada Rambut Setiap HariMyciin.com
 
Mengikat rambut terlalu sering dan erat dapat membuat rambut mudah patah. Hal ini dikarenakan peredaran oksigen menjadi terhambat sehingga kekuatan rambut melemah dan membuatnya rapuh.

7. Mengeringkan rambut dengan handuk

7 Hal Berbahaya yang Dapat Kamu Lakukan Pada Rambut Setiap HariPinterest.com/Lisse Luxe Hair Towel
 

Sebaiknya mulai sekarang hentikan, memeras rambut sesudah keramas dengan handuk. Pasalnya, hal ini membuat batang rambut menjadi rapuh dan teksturnya menjadi kasar. 

Bela, sebaiknya kamu harus mengenal apa jenis rambutmu terlebih dahulu. Setelah itu kamu bisa menentukan perawatan dan alat seperti apa yang dibutuhkan dengan tepat oleh rambutmu. Kalau kamu tidak terlalu yakin dan paham, segeralah berkonsultasi dengan penata rambut supaya dapat menghasilkan analisis yang tepat dan terbaik.

Penulis : Shintya Maharani

BACA JUGA : Nggak Cuma Stres, Rambut Rontok Ternyata Disebabkan Oleh Hal Ini!