Rambut kusut, kasar, nyebelin nggak sih? Untuk menata rambut tentunya akan memakan waktu yang lebih lama. Kalau rambut sudah nggak sehat, kamu perlu berhati-hati lho, Bela. Bagaimanapun juga, rambut adalah mahkota yang menghiasi wajah kita. Jadi perlu banget untuk dirawat. Dikutip dari Seventeen, inilah 6 tips yang wajib diikuti agar rambut menjadi halus. Keep scrolling Bela!  

6 Tips untuk Dapatkan Rambut Halus dan Terawat

Sisir dan brush, sama-sama untuk menyisir rambut kan? Kalau kamu memiliki perspektif seperti itu,  berarti selama ini kamu salah kaprah. Sisir baik digunakan untuk rambut yang basah, sementara brush untuk rambut yang sudah kering. Kalau kamu menggunakan brush pada saat rambut basah, alhasil rambut kamu jadi kusut dan mudah rontok. Jadi gunakan sisir dan brush sesuai dengan kondisi rambut ya. 

6 Tips untuk Dapatkan Rambut Halus dan Terawat

Selain sangat nyaman, sarung bantal berbahan sutra dapat menjaga kelembapan rambut kamu lho. Penggunaan katun cenderung menyerap kadar minyak yang dibutuhkan oleh rambut. Jadi lebih kering dan juga kasar deh. Hayo, sekarang ada kan alasan yang tepat untuk mengganti sarung bantalmu? 

6 Tips untuk Dapatkan Rambut Halus dan Terawat

Yang ini mungkin jarang kamu dengar, walaupun begitu menggunakan t-shirt bisa membantu rambut kamu lebih sehat lho. Sehabis mencuci rambut, seringkali kita menggosoknya menggunakan handuk. Sementara, menggosok rambut bisa membuka kutikula rambut yang menyebabkan rambut jadi mudah rusak. Oleh karena itu, daripada menggunakan handuk, gunakanlah t-shirt sebagai alternatif untuk memeras rambut.

6 Tips untuk Dapatkan Rambut Halus dan Terawat

Bagian ujung rambut adalah bagian yang rentan kering dan juga bercabang. Trim rambut memang wajib dilakukan untuk mengatasi hal ini. Sebulan sekali cukup kok Bela, kamu bisa memotongnya sendiri dengan gunting khusus rambut atau pergi ke salon.  Yang paling penting, cabang rambut kamu terpotong semuanya.

6 Tips untuk Dapatkan Rambut Halus dan Terawat

Setiap perawatan rambut yang dibutuhkan tentunya akan berbeda bagi setiap orang. Bagi pemilik rambut kering, kamu bisa mencari shampoo yang mengandung vitamin E agar rambut kamu tetap terhidrasi. Sedangkan, bagi pemilik rambut rusak, tambahkan keratin oil ke dalam perawatan rambut kamu. Tenang, bagi rambut yang kusam akibat dicat, gloss dan essential oil bisa dijadikan pilihan untuk memperbaiki rambut.

6 Tips untuk Dapatkan Rambut Halus dan Terawat

Kondisioner nggak boleh dilewatkan ya, Bela! Untuk rambut yang halus, tentunya kamu butuh waktu tambahan waktu untuk merawatnya. Khusus untuk kondisioner, ada baiknya gunakan mulai dari bagian tengah rambut hingga ke bawah. Kenapa sih nggak dari akar saja? Hal ini dilakukan untuk mencegah rambut kamu dari lepek dan berminyak tapi tetap halus dan nggak bercabang. Semoga menjawab ya! 

Coba cek perawatan rambut kamu, sudah benar belum Bela? 

 

 

Penulis: Kerene Jesica 

Baca Juga: 5 Gaya Rambut Cepol a la Seleb Hollywood yang Bisa Jadi Inspirasi