Terpapar sinar matahari dan polusi, sering menggunakan alat styling rambut, dan mengikat rambut dengan kencang bisa jadi alasan mengapa rambutmu bercabang.

Masalah rambut yang satu ini bisa dibilang cukup rumit, karena rambut yang bercabang biasanya terasa kering dan kusut, sehingga perlu penanganan yang tepat supaya nggak mempengaruhi aktivitas sehari-hari.

Terlepas dari hal itu, mengatasi rambut berabang ini ternyata nggak sulit, kok, Bela. Yuk, simak caranya di bawah ini!

1. Rutin melakukan trimming

Punya Rambut Bercabang? Begini Cara Mengatasinya! Byrdie

Berbeda dengan teknik menggunting rambut biasa, trimming ini merupakan salah satu teknik menggunting rambut tanpa memberikan perubahan secara drastis, karena rambut yang dipotong hanya bagian ujungnya saja.

Trimming ini biasanya dilakukan untuk mengatasi rambut yang bercabang. Di samping itu, trimming rambut juga bisa membuat rambutmu tampak lebih sehat. 

2. Hindari menyisir rambut terlalu keras

Punya Rambut Bercabang? Begini Cara Mengatasinya! thebodyshop.com.my

Gesekan terlalu keras bisa menyebabkan rambut mudah patah dan bercabang.

Maka dari itu, saat menyisir rambut lakukanlah perlahan-lahan. Kemudian, apabila ujung rambutmu sedang kusut, sisirlah bagian tersebut terlebih dahulu. Cara ini dilakukan agar rambutmu nggak gampang rontok.

Nggak berhenti sampai di sana, kamu juga bisa gunakan sisir yang berkualitas.

3. Batasi penggunaan alat styling rambut

Punya Rambut Bercabang? Begini Cara Mengatasinya! southernliving.com

Menata rambut dengan alat styling seperti catokan, dan pengeriting rambut ini merupakan kunci untuk membuat tampilan rambutmu jadi lebih rapi dan indah.

Namun, nyatanya terlalu sering menggunakan alat styling rambut ini bisa membuat rambut kamu bercabang, lho, karena panas yang dihasilkan oleh alat yang satu ini bisa mempengaruhi kondisi rambutmu.

Agar rambut nggak mudah rusak, sebaiknya batasi penggunaan alat yang satu ini, ya!

4. Hindari paparan sinar matahari

Punya Rambut Bercabang? Begini Cara Mengatasinya! unsplash.com/Ruizhe du

Berdiam diri di bawah matahari dalam waktu yang lama nggak hanya merusak kulitmu, tapi juga bisa merusak kutikula rambut. Kutikula rambut ini berfungsi sebagai pelindung rambut dan ketika lapisan itu rusak, maka rambut jadi mudah patah, dan bercabang.

Oleh karena itu, saat beraktivitas di luar ruangan, kamu bisa gunakan pelindung seperti topi atau payung.

5. Gunakan masker rambut

Punya Rambut Bercabang? Begini Cara Mengatasinya! Shutterstock/puhhha

Nggak hanya membuat rambut jadi lebih lembap sepanjang hari, masker rambut juga dipercaya bisa mengatasi berbagai masalah rambut, salah satunya adalah rambut bercabang.

Ketika rambutmu sedang bermasalah, kamu bisa gunakan masker rambut setiap satu kali dalam seminggu. Namun, apabila rambutmu sehat, cukup gunakan masker rambut ini dua kali saja dalam sebulan.

6. Aplikasikan minyak rambut yang mengandung argan

Punya Rambut Bercabang? Begini Cara Mengatasinya! sishair.com

Selain menggunakan masker rambut, kamu juga bisa merawat rambutmu dengan mengaplikasikan minyak argan. Minyak yang diperoleh dari pohon argan ini dipercaya bisa menutrisi rambut, menjaga kelembapan rambut, membuat rambut tampak lebih halus, dan memperbaiki kerusakan rambut.

Lalu, kapan kamu bisa mengaplikasikan minyak argan? Apabila kamu ingin hasilnya maksimal, maka aplikasikan minyak argan setelah keramas, ya!