Siapa sih yang nggak terganggu dengan kehadiran jerawat yang suka datang dengan tiba-tiba ini? Terlebih lagi menjelang masa menstruasi, wajah yang tadinya bersih mendadak penuh dengan si bintik merah.

Munculnya jerawat ini bukan tanpa alasan. Produksi minyak berlebih, tersumbatnya folikel rambut, hormon, stres, serta tidak cocok dengan produk skincare atau makeup yang diaplikasikan menjadi penyebab mengapa kamu bisa mengalami jerawat. 

Namun, masalah kian rumit ketika kamu memiliki kulit yang kering. 

Tapi, kamu nggak perlu khawatir, karena tujuh tips di bawah ini bisa membantu pemilik kulit kering dalam mengatasi jerawat.

1. Membersihkan wajah dua kali sehari

Ini Tips Mengatasi Jerawat untuk Kamu yang Memiliki Kulit Kering allure.com

Bela, biasanya kamu cuci muka berapa kali dalam sehari? Apakah saat malam saja? Atau saat pagi dan malam? Tahukah kamu bahwa membersihkan wajah dua kali sehari ini bisa membantu mencegah timbulnya jerawat?

Namun, untuk kamu yang memiliki kulit kering gunakan sabun cuci muka yang tidak membuat kulit kering. Kamu bisa pilih sabun cuci muka dengan tekstur yang milky.

2. Hindari mengganti skincare terlalu sering

Ini Tips Mengatasi Jerawat untuk Kamu yang Memiliki Kulit Kering glamourmagazine.co.uk

Mengganti produk skincare merupakan hal yang menyenangkan. Selain bisa mencoba produk baru, rutinitas menggunakan skincare-mu pasti akan terasa lebih menyenangkan. Tapi, kebiasaan ini bisa memicu timbulnya jerawat.

Oleh karena itu, jangan terlalu sering mengganti produk skincare-mu, ya!

3. Gunakan produk yang mengandung retinol

Ini Tips Mengatasi Jerawat untuk Kamu yang Memiliki Kulit Kering everydayhealth.com

Retinol merupakan kandungan yang dipercaya dapat mengatasi jerawat, membuat kulit jadi lebih cerah, menghaluskan kulit yang bertekstur, serta membuat tampilan jadi awet muda. 

Namun, apabila kamu khawatir kandungan tersebut akan mengiritasi kulitmu, cukup gunakan produk yang mengandung retinol dua kali dalam seminggu. 

4. Gunakan kandungan aktif perlahan-lahan

Ini Tips Mengatasi Jerawat untuk Kamu yang Memiliki Kulit Kering freepik.com

Ketika kamu memilih untuk mengatasi jerawat dengan kandungan aktif seperti AHA, BHA, kemudian retinol, sebaiknya gunakan produk tersebut satu persatu. 

Misalnya, saat kamu sedang menggunakan retinol, cukup gunakan retinol saja saat itu jangan tambahkan kandungan aktif lainnya ke dalam rutinitas penggunaan skincare-mu.

5. Hindari mengeksfoliasi kulit secara berlebihan

Ini Tips Mengatasi Jerawat untuk Kamu yang Memiliki Kulit Kering irishtime.com

Eksfoliasi baik untuk mengangkat sel-sel kulit yang sudah mati, namun ketika kamu terlalu sering melakukan eksfoliasi, maka kulitmu akan kering. Di samping itu, cermatlah dalam memilih kandungan untuk eksfoliasi kulit.

Hindari menggunakan tools untuk eksfoliasi saat proses ini dilakukan, karena berpotensi membuat kulitmu semakin kering dan iritasi.

6. Jaga kulitmu agar tetap lembap

Ini Tips Mengatasi Jerawat untuk Kamu yang Memiliki Kulit Kering pexels.com/KoolShooters

Menjaga kulit agar tetap lembap adalah hal yang penting untuk kamu yang memiliki kulit kering.

Oleh karena itu, kamu bisa gunakan pelembap dengan rutin serta jangan takut dengan kandungan yang kaya akan minyak, karena nyatanya minyak ini bisa membuat kulitmu terhidrasi dengan baik.