Mewarnai rambut merupakan salah satu opsi untuk membuat penampilanmu nampak fresh dan berbeda. Namun, beberapa minggu setelah pengecatan biasanya warna rambut mulai pudar, rambutmu juga bisa terlihat kering apabila tidak memperoleh perawatan yang tepat.

Untuk meminimalisir terjadinya hal tersebut, yuk simak cara merawat rambutmu yang berwarna agar tidak pudar dan rusak!

1. Jangan terlalu sering keramas

Begini Cara Merawat Rambut yang Diwarnai Agar Tidak Mudah Pudar Dok. internet

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah jangan terlalu sering keramas, karena hal ini berpengaruh terhadap perubahan warna rambutmu yang sudah diberi warna. Cukup keramas tiga kali dalam satu minggu agar warna rambutmu tetap terjaga.

2. Gunakan sampo khusus

Begini Cara Merawat Rambut yang Diwarnai Agar Tidak Mudah Pudar ecowatch.com

Selanjutnya, saat keramas kamu bisa memilih sampo yang diformulasikan khusus untuk pemilik rambut warna. Sampo ini biasanya memiliki kandungan khusus yang bisa menjaga warna rambutmu agar tidak pudar.

3. Hindari menggunakan alat styling rambut untuk sementara

Begini Cara Merawat Rambut yang Diwarnai Agar Tidak Mudah Pudar southernliving.com

Alat styling rambut seperti hair curler bersifat panas dan alat tersebut bisa merusak rambutmu yang baru diwarnai. Oleh karena itu usahakan untuk tidak menggunakan alat styling rambut selama 48 jam ke depan. 

Di samping itu, ketika kamu ingin menggunakan alat tersebut, gunakanlah heat protector untuk rambutmu. 

4. Hindari keramas dengan air panas

Begini Cara Merawat Rambut yang Diwarnai Agar Tidak Mudah Pudar Pexels.com/Armin Rimoldi

Saat waktunya keramas, hindari menggunakan air panas, mengutip dari Byrdie, air panas dapat membuka kutikula rambut dan melepaskan molekul warna dengan cepat. Alih-alih keramas dengan air panas, kamu bisa keramas dengan air hangat. 

5. Hindari paparan sinar matahari

Begini Cara Merawat Rambut yang Diwarnai Agar Tidak Mudah Pudar aix-enews.com

Seperti yang kamu ketahui kalau panas itu bisa memengaruhi warna rambutmu, begitu pula dengan panas yang berasal dari matahari. Oleh karena itu, hindari menghabiskan waktu berlama-lama di bawah panas matahari. Agar rambut berwarnamu terlindungi, kamu juga bisa kenakan topi.

6. Coba teknik co-washing

Begini Cara Merawat Rambut yang Diwarnai Agar Tidak Mudah Pudar shape.com

Bela, familiar dengan teknik co-washing? Teknik menyuci rambut yang satu ini terbilang sederhana karena kamu tidak memerlukan sampo, lho, yang kamu butuhkan hanya conditioner rambut saja. 

Untuk menerapkan teknik ini, kamu bisa mencuci rambutmu terlebih dahulu, kemudian gunakan conditioner setelahnya. Teknik ini cukup kamu lakukan dua kali dalam seminggu saja, ya!