Menggunakan pengering dan catokan rambut merupakan kebiasaan yang sulit untuk dihindari, begitu pula dengan styling rambut. Banyak orang yang memilih untuk mewarnai rambut mereka, kemudian mengganti warna rambutnya lagi ketika sudah mulai pudar.

Namun, tahukah kamu bahwa kebiasaan tersebut berpotensi merusak rambutmu, lho. Bela.

Di samping itu, rambut juga mudah terpapar sinar matahari dan polusi. Apabila tidak dirawat, kamu tahu kan apa yang akan terjadi?

Lalu, apa yang harus kamu lakukan apabila ingin memiliki rambut yang sehat dan kuat? Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

1. Menyisir setiap hari

6 Tips yang Bakal Bikin Rambut Makin Sehat dan Kuatbyrdie.com

Seperti yang kamu ketahui bahwa bakteri dan jamur yang tumbuh di rambut ini memengaruhi kekuatan rambut, sehingga apabila kamu rajin menyisir rambut, maka bakteri yang tumbuh di rambut ini turut berkurang atau bahkan tidak ada sama sekali. Selain itu, rutin menyisir ramut tentunya akan menghindari masalah rambut kusut. 

2. Hindari keramas terlalu sering

6 Tips yang Bakal Bikin Rambut Makin Sehat dan Kuatallthingshair.com

Bukannya membuat rambutmu jadi lebih bersih, keramas terlalu sering ini bisa membuat rambutmu mudah patah, kering, dan rusak. Oleh karena itu, cukup keramas sebanyak 3-4 kali dalam seminggu ya. Sebagai informasi tambahan, apabila sedang keramas, kamu bisa memijat area kulit kepala agar sirkulasi darah di area tersebut lancar sehingga rambutmu juga semakin sehat.

3. Gunakan sampo yang berfungsi untuk menguatkan rambutmu

6 Tips yang Bakal Bikin Rambut Makin Sehat dan Kuatglamourmagazine.co.uk

Cara lain yang bisa kamu terapkan agar rambutmu kuat adalah dengan menggunakan sampo dengan kandungan tertentu seperti biotin dan copper peptide

Selain itu, kamu juga bisa hindari menggunakan sampo yang mengandung sulfat, karena sulfat bisa membuat rambutmu kering, dan membuat kulit kepala mengalami iritasi. 

4. Gunakan masker rambut

6 Tips yang Bakal Bikin Rambut Makin Sehat dan Kuatsishair.com

Sampo saja tidak cukup, kamu bisa menggunakan produk perawatan rambut yang berfungsi menguatkan rambutmu, seperti masker rambut. Tidak hanya melembapkan rambutmu, masker rambut ini bisa membuat area kulit kepala jadi lebih rileks, sehingga akan memengaruhi kesehatan dan kekuatan rambutmu. 

5. Konsumsi suplemen

6 Tips yang Bakal Bikin Rambut Makin Sehat dan Kuatallure.com

Selain merawat dari luar, kamu juga memerlukan perawatan tambahan dari dalam tubuh, seperti mengonsumsi suplemen. Suplemen yang kaya akan vitamin D3, zinc, dan iron ini membantu menyehatkan dan menguatkan rambutmu. 

Namun, sebelum mengonsumsi suplemen tersebut, kamu bisa konsultasikan ke dokter terlebih dahulu, ya!

6. Turunkan suhu alat styling yang kamu kenakan

Seperti yang kamu ketahui, rambut yang sering terpapar panas ini mudah rusak. Oleh karena itu, cobalah kurangi intensitas penggunaan alat styling rambut, seperti pengering dan pencatok rambut atau kamu bisa turunkan suhunya agar tidak terlalu panas. Pastikan juga untuk menggunakan heat protector agar rambut tetap terlindungi ya!