Bela, apakah kamu salah satu pemilik rambut diwarnai? Saat ini jenis pewarna rambut yang banyak beredar adalah berjenis semi-permanent dan demi-permanent sehingga mau tidak mau pasti warna yang dihasilkan akan luntur di kemudian hari. Paling lama warna rambut bisa tahan adalah 3 bulan, namun kerusakan yang diakibatkan memiliki durasi yang lebih lama lho! Untuk itu, kalian harus melakukan perawatan rambut yang lebih ekstra nih apabila memiliki rambut yang diwarnai.

Untuk mencegah kerusakan dan mempertahankan warna rambut, berikut ini tips untuk merawat rambut diwarnai yang bisa kamu coba terapkan di rumah!

1. Jangan Terlalu Sering Keramas

Tips untuk Merawat Rambut Diwarnai Agar Tetap Tahan Lamamasala.com

Mewarnai rambut bisa disebut memasukkan bahan kimia ke rambut yang dapat mengubah warna aslinya. Tentunya, warna tersebut juga dapat pudar khususnya apabila kamu terlalu sering keramas. Apabila kamu ingin mempertahankan warna rambut lebih lama, kurangi intensitas keramasmu. Untuk mempertahankan warna rambut dari hasil pewarnaan, lakukan keramas minimal 3 hari sekali.

2. Menggunakan Sampo Khusus untuk Rambut Diwarnai

Tips untuk Merawat Rambut Diwarnai Agar Tetap Tahan Lamahealth.com

Selain mengurangi intensitas keramas, kamu juga perlu memperhatikan sampo yang kamu gunakan nih, Bela. Gunakan sampo yang khusus diformulasikan untuk rambut diwarnai. Biasanya, sampo khusus ini memiliki pigmen yang dapat mengunci warna rambut sehingga lebih tahan lama.

3. Melakukan Teknik Co-Washing

Tips untuk Merawat Rambut Diwarnai Agar Tetap Tahan Lamabebeautiful.in

Co-washing adalah singkatan dari conditioner washing. Ini adalah teknik mencuci rambut dengan menggunakan air dan konidisioner. Lakukan co-washing 2 kali seminggu untuk menjaga kelembutan rambut yang diwarnai. Namun perlu diingat bahwa teknik ini tidak boleh dilakukan secara terus menerus karena akan menimbulkan masalah rambut baru akibat penumpukan debu dan minyak pada kulit kepala.

4. Menjauhi Sampo Anti Ketombe

Tips untuk Merawat Rambut Diwarnai Agar Tetap Tahan Lamaecowatch.com

Ternyata shampoo anti-ketombe adalah musuh untuk rambut diwarnai lho! Shampoo anti-ketombe biasanya mengandung zinc, selenium sulfide, dan sulfur. Dan sayangnya, ketiga kandungan tersembut dapat dengan mudah melunturkan warna rambut dari hasil pewarnaan. Selain itu, kandungan-kandungan tersebut juga dapat menyebabkan rambut kering dan susah untuk diatur.

5. Hindari Olahraga Berenang

Tips untuk Merawat Rambut Diwarnai Agar Tetap Tahan Lamamooncup.co.uk

Kamu suka melakukan olahraga renang? Kabar buruknya,  air kolam renang mengandung klorin dan kaporit yang ternyata dapat melunturkan warna rambut. Selain melunturkan, ternyata dua kandungan tersebut juga dapat menyebabkan rambut kering dan mudah patah. Salah satu tips yang bisa kamu lakukan untuk menghindarinya adalah dengan menggunakan hair cap atau penutup kepala ketika berenang.

6. Menghindari Paparan Sinar Matahari

Tips untuk Merawat Rambut Diwarnai Agar Tetap Tahan Lamasheknows.com

Bukan cuma kulit, rambut juga dapat merasakan jahatnya paparan sinar matahari. Terlalu lama berada di bawah teriknya sinar matahari ternyata dapat menyebabkan masalah pada rambut. Khusus untuk pemilik rambut diwarnai, ternyata paparan sinar matahari dapat menyebabkan rambut menjadi kusam dan tidak bercahaya. Biar terhindar dari paparan sinar matahari, kamu bisa coba menggunakan pelindung kepala seperti topi saat harus berkegiatan di luar rumah.

7. Keramas dengan Menggunakan Air Dingin

Tips untuk Merawat Rambut Diwarnai Agar Tetap Tahan Lamanaturallycurly.com

Menurut Healthline, keramas dengan menggunakan air panas atau hangat dapat membuat kutikula rambut terbuka dan menyebabkan cepatnya rambut diwarnai luntur. Untuk mengatasi hal ini, gunakanlah air dingin ketika keramas.

Baca Juga: 7 Tips Merawat Rambut Setelah Smoothing Agar Tidak Rusak

Baca Juga: Jangan Asal, Begini Tips Merawat Rambut Agar Sehat dan Bebas Masalah

Baca Juga: 7 Cara Merawat Rambut Rusak Agar Sehat Kembali