Sampo adalah salah satu produk pembersih rambut yang sangat dibutuhkan. Dalam pertimbangan membeli sampo biasanya yang dipilih adalah sampo yang bisa menghasilkan busa yang cukup banyak. Kalau kamu penyuka sampo yang dapat memberikan banyak busa, tunggu dulu ternyata ada kandungan yang menghasilkan busa yang kurang baik digunakan salah satunya adalah surfaktan.

Surfaktan adalah bentuk yang lebih sederhana dari surface active agent, yaitu molekul zat kimia yang dapat menstabilkan campuran minyak dan air. Nah, yang kita ketahui minyak dan air tidak dapat larut satu sama lain tetapi karena adanya surfaktan dan busa merupakan salah satu hasil dari kinerja surfaktan pada produk-produk rumah tangga dan kecantikan. Selain pada sampo sebetulnya surfaktan terdapat pada sabun mandi dan pembersih wajah juga.

Busa yang terlalu banyak pada sampo ternyata merupakan ciri-ciri dari banyaknya surfaktan yang digunakan pada suatu produk. Karena kinerjanya yang dapat melarutkan minyak dan air ini, surfaktan dapat membuat kulit menjadi lebih kering apabila kandunganya terlalu tinggi pada suatu produk. Dalam takaran wajar, surfaktan yang mengandung anti bakteri bisa membersihkan kulit tetapi apabila kandunganya terlalu tinggi dapat merusak kulit kita.

Suka Sampo Berbusa? Ternyata Ada Bahayanya!lorealparisusa.com

Pada sampo, kandungan surfaktan yang terlalu tinggi dapat membuat kulit kepala dan rambut kering serta mengakibatkan kerontokan pada rambut. Efek jangka panjang lain dari penggunaan sampo yang mengandung surfaktan lumayan tinggi adalah mengiritasi kulit serta mengakibatkan jerawat pada kulit kepala, ketombe dan iritasi seperti kemerahan yang terasa perih. Lalu, bagaimana kita bisa mengetahui apakah surfaktan ada didalam list dari kandungan sampo yang kita gunakan?

Pada umumnya, apabila sebuah produk sudah lulus dari BPOM Indonesia maka produk tersebut akan dikategorikan aman. Jadi, usahakan kamu menggunakan sampo yang sudah memiliki lisensi BPOM yah. 

Selain itu kita bisa menemukan kandungan surfaktan dnegan nama lain yaitu Sodium Lauryl Sulfate (SLS) atau Sodium Lauryl Ether Sulfate (SLES). Apabila kamu merasakan kulit kepala yang sensitif, lebih baik kamu mulai menggunakan sampo yang memiliki bahan alami sehingga tidak menambah daftar panjang permasalahan kulit kepalamu. Tetapi apabila kamu merasa sampo yang kamu gunakan tidak menimbulkan masalah, maka sampo kamu aman digunakan.