Mencuci rambut dengan sampo, menggunakan kondisioner dan mengeringkan rambut, kurang lebih itu rutinitas sebagian dari kita saat mencuci rambut. Ternyata tiga cara ini nggak cukup untuk membuta rambut kita sehat lho! Malah ternyata bisa saja rambut kita terasa kering dan kusam karena melakukan tiga langkah ini. Bela, ini 5 kesalahan mencuci rambut yang sering terjadi!

1. Menggunakan Sampo yang Salah

Ini 5 Kesalahan Mencuci Rambut yang Sering Terjadiwww.beauty-tips.net

Penggunaan sampo yang salah dapat membuat rambut kering dan kusam. Daripada mencari sampo yang sesuai tipe rambut, carilah sampo yang teksturnya sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tipe rambutmu. 

Misalkan rambut yang tebal membutuhkan tekstur sampo yang ringan namun dapat membersihkan hingga ke kulit kepala, kemudian kalau rambutmu terlalu tipis gunakan sampo yang memiliki kandungan protein agar rambut bisa lebih tebal dan tidak mudah patah.

2. Tidak Menyisir Rambut Sebelum Mencucinya

Ini 5 Kesalahan Mencuci Rambut yang Sering Terjadiforbabs.com

Setelah mencuci rambut, biasanya kamu akan menyisirnya, tapi sebelum mencuci rambut apakah kamu menyisir rambut? Bela, ternyata hal ini perlu dilakukan lho karena dapat menghilangkan residu dari produk pencuci rambut serta mencegah rambut kusut saat dicuci. Buat kamu yang tidak menyisir rambut sebelum mencucinya, yuk mulai luangkan waktu 1-2 menit sebelum mencuci rambut untuk menyisirnya.

3. Menimbun Rambut Di atas Saat Mencuci Rambut

Ini 5 Kesalahan Mencuci Rambut yang Sering Terjadiwaterliliesandcompany.com

Sering melakukan hal ini? Ternyata menimbun rambut diatas saat mencuci rambut dapat mengakibatkan rambut menjadi kusut. Akibat terburuk lainya adalah rambut menjadi lebih mudah rontok, kalau kamu mau rambut tidak kering dan rontok jangan dilakukan lagi ya!

4. Sampo yang Digunakan Memakai Bahan Kimia yang Keras

Ini 5 Kesalahan Mencuci Rambut yang Sering Terjadiwww.mygreenpod.com

Apakah sampo dapat membuat rambut menjadi kering? Jawabanya ya, apabila sampo tersebut mengandung surfaktan. Surfaktan merupakan salah satu kandungan yang dapat membersihkan tetapi juga bisa membuat kulit dan rambut menjadi kering. Mulai hari ini, cek kandungan sampo yang kamu gunakan ya agar rambutmu tidak terkontaminasi bahan kimia yang keras.

5. Mencuci Rambut Terlalu Sering

Ini 5 Kesalahan Mencuci Rambut yang Sering Terjadiwww.bustle.com

Kamu mencuci rambut setiap hari? Nah, mulai sekarang jangan ya Bela! Ternyata mencuci rambut setiap hari dapat membuat rambut menjadi kering dan rapuh. Hal ini disebabkan oleh rambut kehilangan minyak alami sehingga volume rambut menjadi lebih besar tetapi kering. Pastikan cukup mencuci rambut maksimal 3 kali dalam seminggu agar menjaga rambut tidak kering.