Pada momen-momen tertentu mengubah gaya rambut adalah hal yang menyenangkan. Termasuk memotong poni untuk mendapatkan penampilan wajah yang lebih fresh. Namun kamu nggak bisa asal-asalan dengan bagian rambut yang satu ini. Kalau salah, kamu butuh waktu lama lho untuk menumbuhkannya kembali. Nggak mau kan penampilan barumu malah bikin minder? Nah sebelum memotong poni, pikirkan dulu hal-hal di bawah ini ya! 

1. Butuh waktu lebih lama untuk styling

Sebelum Potong Poni, Perhatikan 7 Hal Ini Dulu Yuk!Freepik.com

Memiliki poni yang terbentuk sempurna tentunya butuh usaha. Ketika memiliki poni, kamu mungkin perlu waktu lebih lama untuk menata rambut. Ditambah, kamu perlu menggunakan alat-alat pemanas seperi hairdryer atau styling iron. Menggunakan alat styling panas setiap hari tidaklah dianjurkan karena dapat merusak rambut. 

2. Poni perlu ditrim setiap 2 sampai 3 minggu sekali

Sebelum Potong Poni, Perhatikan 7 Hal Ini Dulu Yuk!hairfinder.com

Poni merupakan bagian rambut yang harus dirawat ekstra. Untuk menjaga bentuk dan panjangnya, kamu perlu melakukan trim setiap dua atau tiga minggu. Kalau kamu tidak rajin melakukan trim, bentuk ponimu tidak akan rapi seperti pertama kali kamu memotongnya.

3. Sesuaikan poni dengan tekstur rambut

Sebelum Potong Poni, Perhatikan 7 Hal Ini Dulu Yuk!Freepik.com

Keberadaan poni di rambut memang bisa membuat wajah menjadi lebih manis. Tetapi sayangnya tidak semua model poni cocok untuk semua orang. Untuk itu sesuaikan model poni yang kamu inginkan dengan kondisi tekstur dari rambutmu. Kalau kamu memiliki jenis rambut keriting, mintalah hairstylist untuk melakukan dry cut. Cara ini lebih aman agar poni tidak terlalu pendek ketika mengering. 

4. Poni juga bisa membuat wajah berjerawat

Sebelum Potong Poni, Perhatikan 7 Hal Ini Dulu Yuk!Freepik.com

Sudah bukan rahasia kalau minyak alami atau kotoran yang menempel di rambut bisa merangsang tumbuhnya jerawat. Ketika memiliki poni, kamu lebih rentan terkena jerawat di area seperti dahi, samping dahi, atau tulang pipi. Terutama jika rambutmu tipe rambut berminyak. 

5. Poni butuh dicuci lebih sering

Sebelum Potong Poni, Perhatikan 7 Hal Ini Dulu Yuk!Freepik.com

Bila kamu memiliki wajah berminya, besar kemungkinan ponimu juga akan lebih cepat berminyak. Nggak heran kalau orang-orang yang memiliki poni sering mengalami keadaan lepek yang terjadi hanya di area poni. Sehingga orang berponi memiliki frekuensi mencuci poni lebih banyak daripada mencuci rambut secara keseluruhan. 

6. Gaya poni rata merupakan gaya yang paling susah perawatannya

Sebelum Potong Poni, Perhatikan 7 Hal Ini Dulu Yuk!instagram.com/lalalalisa_m

Suka dengan poni rata seperti Lisa Blackpink? atau Taylor Swift? Sebaiknya pikir-pikir lagi ya sebelum kamu memilih gaya poni yang satu ini. Meski dapat membuat wajah terlihat berbeda, gaya poni ini rata-rata hanya akan bertahan dua minggu sejak pertama dipotong. Bila kamu tidak melakuka trim secara lebih sering, poni akan menghalangi mata dan tumbuh tidak beraturan. 

7. Kalau ragu, cobalah model poni panjang terlebih dahulu

Sebelum Potong Poni, Perhatikan 7 Hal Ini Dulu Yuk!instagram.com/taeyeon_ss

Ketika memutuskan untuk memotong poni, wajar bila kamu merasa ragu. Pilihlah model poni yang lebih "aman". Poni panjang umumnya cocok untuk banyak orang dan dapat membuat tampilanmu lebih fresh juga manis. Perawatannya juga bisa dibilang tidak terlalu susah dibandingkan poni yang rata.