Kurang lebih setahun terakhir kita sudah menjalani tahun 2020 dengan tetap berada di rumah saja. Tanpa disangka ternyata hal ini nggak hanya berat bagi mereka yang sudah terbiasa dengan aktivitas sosial lho, tetapi juga terasa berat untuk mereka yang mengaku dirinya introvert yang sudah biasa menghabiskan waktunya di dalam rumah. Berbagai cara dilakukan untuk meningkatkan mood, semangat dan motivasi diri termasuk dengan cara mengganti warna rambut yang mendadak menjadi viral nih di tahun ini.

Nah, walau kita sekarang sudah ada di penghujung tahun, buat kamu yang ingin mengikuti tren hair coloring belum terlambat kok. Ikuti lima langkah mudah dari Popbela berikut ini ya buat ngewarnain rambut anti gagal. 

1. Melakukan tes alergi selama 48 jam

Mau Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah? Ikuti 5 Tips Ini Yuk! Shutterstock/Jurij Krupiak

Tahap ini nggak boleh kamu anggap remeh lho, Bela. Pastikan untuk selalu melakukan tes alergi 48 jam sebelum melakukan proses bleaching dan pewarnaan. Pasalnya tes alergi sangat dibutuhkan untuk memastikan kulit kita tidak mengalami iritasi terhadap produk pewarna yang digunakan. 

Kamu bisa melakukannya dengan mengoleskan krim pewarna sedikit pada bagian belakang telinga dan tunggu selama 48 jam. Jika tidak mengalami reaksi apapun, berarti bahan pewarna ini aman untuk kamu dan kamu bisa melanjutkannya ke proses bleaching dan pewarnaan. 

2. Lakukan bleaching sebelum melakukan proses pewarnaan

Mau Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah? Ikuti 5 Tips Ini Yuk! Shutterstock/puhhha

Bleaching merupakan proses penghilangan pigmen warna rambut, proses ini akan membuat warna rambut kamu lebih bold nih. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, kamu bisa menggunakan bleaching sesuai petunjuk pada kemasan produk pewarna. Untuk hasil yang lebih optimal, kamu bisa mengulangi proses bleaching, jangan lupa untuk memberi jarak minimal 1 hari ya.

Pastikan bleaching tidak terkena kulit kepala untuk menghindari iritasi. Buat kamu yang ingin memilih warna pastel, gunakan produk bleaching, Popbela sarankan kamu menggunakan Miranda Super Blue Bleaching untuk hasil yang maksimal.

3. Pastikan jumlah pewarna rambut mencukupi

Mau Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah? Ikuti 5 Tips Ini Yuk! Shutterstock/Anna Berdnik

Nggak lucu ‘kan saat kamu sedang dalam proses hair coloring, ternyata pewarna rambut yang kamu gunakan kurang? Sebagai estimasi, idealnya pewarna rambut dengan ukuran 30 ml bisa digunakan untuk panjang rambut 20 cm. Tapi ini juga masih harus menyesuaikan dengan ketebalan dan tekstur rambut kamu. Nah, kira-kira untuk rambut kamu butuh berapa banyak pewarna rambut ya, Bela?

4. Lakukan pewarnaan bertahap untuk hasil merata, kuncinya kesabaran nih

Mau Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah? Ikuti 5 Tips Ini Yuk! Shutterstock/Andrew Angelov

Sekarang masuk ke tahap pewarnaan. Sebelum mulai mengoleskan pewarna rambut ke rambut kamu, bagi rambut menjadi empat bagian dengan skema dua di depan, dua di belakang. Baru setelah itu oleskan pewarna rambut dari depan ke belakang.

Oh iya, sapu tangan adalah item wajib lho saat mengaplikasikan pewarna rambut untuk menghindari iritasi di kulit tanganmu. Selain itu, gunakan juga wadah plastik untuk menaruh bahan pewarnanya ya, agar tidak mengoksidasi pewarna dan membuat warnanya berubah. Sampai sini mudah kan, Bela?

5. Setelah proses pengaplikasian biarkan rambut tergerai

Mau Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah? Ikuti 5 Tips Ini Yuk! Shutterstock/hedgehog94

Diamkan rambut selama 20 menit dengan kondisi rambut tergerai. Sebelum membilasnya, aplikasikan conditioner pada rambut untuk membuat rambut terasa lebih lembab. Lalu bilas rambut hingga bersih kemudian tata rambut barumu. Kamu sudah siap deh dengan gaya barumu yang pastinya akan meningkatkan mood selama kamu di rumah.

Ngomong-ngomong soal hair coloring, ada kabar terbaru nih dari salah satu merek pewarna rambut Indonesia, Miranda Hair Color. Tepat di tanggal 13 Desember 2020 Miranda baru saja mengumpulkan 1.500 orang untuk mengikuti acara Miranda Colouring Indonesia.

Di acara ini para pesertanya nggak hanya diajak untuk buat melepas rindu buat nunjukin keindahan rambutnya, tetapi juga buat ikutan hair talk bersama pakar yang memberikan tips dan trick seputar proses pewarnaan dan perawatan rambut, dan juga membahas hair color tren 2021 yang ditayangkan eksklusif juga di SHOPEE LIVE. Eits, di sini Rizky Febian juga hadir sebagai bintang tamu lho!

Mau Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah? Ikuti 5 Tips Ini Yuk! Popbela.com/Miranda Hair Color

Selain itu, ada lagi nih kejutan baru di penghujung tahun 2020 dari Miranda Hair Color. Tahun ini, Miranda Hair Color merilis seri warna terbarunya yang cocok banget buat cewek millennials karena warnanya lembut, fresh dan kasual. Tiga warna yang dirilis Miranda Hair Color ini juga disesuaikan dengan tren warna rambut 2021 lho, yaitu:

  • Taro Latte, perpaduan warna ungu yang sangat cerah
  • Rose Gold, perpaduan warna pink keemasan yang sangat cantik
  • Precious Turquoise, perpaduan warna hijau dan biru yang sangat fresh 

Selain itu ada lagi satu produk untuk melengkapi varian pastel series agar warna pastel yang kamu gunakan keluar dengan sempurna dan maksimal yaitu Super Blue Bleaching. Wah, 2021 rambut bakal makin flawless nih. Nah, untuk kamu yang penasaran dengan produk-produk dari Miranda Hair Color, langsung klik di sini untuk tahu informasi selengkapnya ya!

Nah, itu tadi beberapa tips dan trik buat kamu yang ingin mewarnai rambut di rumah aja. Tanpa ke salon, rambut kamu tetap bisa terlihat flawless ‘kan, Bela? (CSC)