Rambut merupakan mahkota bagi para perempuan, sehingga nggak sedikit yang menginginkan rambut yang panjang dan sehat. Tidak jarang juga, banyak yang rela mengeluarkan uang demi perawatan rambut ke salon agar mendapatkan rambut indah.

Namun demikian, masalah seperti rambut kusam dan rontok juga tidak bisa dihindari. Akibatnya, rambut jadi susah panjang. Nah, jika kamu termasuk yang mengalaminya dan ingin rambut kamu tumbuh dengan lebih baik, berikut adalah cara memanjangkan rambut dengan cepat dan alami.

1. Pijat kulit kepala

10 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat dan Alaminetdoctor.com

Memijat kulit kepala secara rutin dapat merangsang pertumbuhan rambut, karena pijatan yang diberikan akan memperlancar peredaran darah. Lakukan pijatan minimal 3 kali selama seminggu.

Pemijatan pada kulit kepala ini bisa kamu lakukan sendiri dirumah tanpa harus melakukan creambath ke salon, cukup dengan memijat kulit kepala selama kurang lebih 5 menit saat kamu keramas dikamar mandi.

2. Keramas

10 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat dan Alamimedicalnewstoday.com

Keramas dapat dilakukan menggunakan sampo merek apapun sesuai dengan keinginan kamu, melakukan keramas juga dapat membantu rambut terlihat berkilau dan yang pastinya sehat dan bersih. Namun, hindari keramas terlalu sering, karena dapat mengurangi kandungan minyak alami yang berkhasiat baik untuk rambut. 

Kurangnya kandungan minyak pada rambut akan mengakibatkan pertumbuhan rambut terhambat dan rambut menjadi rusak.

3. Tidak menyisir rambut saat basah

10 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat dan AlamiShutterstock/Africa Studio

Rambut yang masih basah lebih rentan mengalam kerusakan karena rambut sedang dalam kondisi lemah. Hindari menyisir dan menutup rambut menggunakan handuk setelah mandi. Tunggu rambut kering terlebih dahulu. 

Dengan menghindari hal itu, kemungkinan rambut menjadi rusak sangat kecil sehingga rambut dapat tumbuh dengan sehat dan jadi cepat panjang tentunya.

4. Aplikasikan conditioner

10 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat dan AlamiShutterstock/New Africa

Conditioner sering digunakan setelah melakukan keramas, hal ini sangat baik dilakukan jika kamu menginginkan rambut cepat tumbuh dan sehat. Karena, penggunaan conditioner dapat membuat rambut tetap lembab dan menghindari rambut dari kerusakan akibat rambut kering dan rapuh. Gunakan conditioner minimal dua kali dalam seminggu.

5. Hindari mewarnai rambut

10 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat dan AlamiShutterstock/Nadezhda Manakhova

Jika kamu ingin memanjangkan rambut dengan cepat, hindari menggonta-ganti warna rambut. Karena hal itu dapat memperlambat proses pertumbuhan rambut kamu. Kandungan dalam pewarna rambut dapat merusak kulit kepala yang mengakibatkan pertumbuhan rambut juga terganggu.

6. Pangkas sedikit ujung rambut

10 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat dan Alamirosa-hairstylist.com

Manfaat dari memotong ujung rambut kamu dapat membuang rambut tua dan bercabang, biasanya ujung rambut akan kering dan menghambat proses pertumbuhan. Sehingga dengan memotongnya akan merangsang agar rambut bisa tumbuh lebih cepat.

7. Hindari begadang

10 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat dan Alamipopsugar.co.uk

Cara memanjangkan rambut dengan cepat yang selajutnya adalah hindari begadang. Rambut yang rontok dapat disebabkan karena kurangnya istirahat. Saat kamu tidur, tubuh akan meregenerasi sel baru termasuk sel rambut yang ada dikulit kepala kamu. Dengan tidur tepat waktu, akan membantu tubuh meregenerasi sel dengan baik, sehingga proses memanjangkan rambut akan lebih optimal.

8. Mengonsumsi protein

10 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat dan Alami

Protein tinggi seperti susu, kacang, ikan dan daging dibutuhkan tubuh terutama rambut untuk menjaganya tetap sehat. Selain perawatan dari luar, rambut perlu dirangsang dengan asupan dari dalam. Dengan mengonsumsi protein, rambut akan mendapatkan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

9. Jangan terlalu sering berenang

10 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat dan Alamiunsplash.com

Berenang terlalu sering akan membuat rambut menjadi rusak. Karena kolam berenang pada umumnya mengandung klorin yang dapat menghambat pertumbuhan rambut. Apabila masih sering melakukan olahraga air ini, kamu perlu menutup rambut dengan penutup kepala saat berenang. Segeralah bilas rambut kamu setelah berenang juga ya, agar menghindari rambut menjadi kering.

10. Hindari pemakaian alat pemanas rambut

10 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat dan Alami

Hairdryer, catokan dan pengeriting rambut biasanya digunakan untuk mempercantik rambut sebelum melakukan aktivitas. Namun jangan terlalu sering menggunakan alat-alat tersebut karena dapat mengakibatkan rambut menjadi rapuh dan mudah rontok. Panas yang dihasilkan alat tadi juga dapat menghambat pertumbuhan rambut.

Memanjangkan Rambut dengan Bahan Alami

10 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat dan Alamihairstylecamp.com

Banyak cara yang dapat kamu lakukan agar rambut kamu tetap sehat dan tumbuh dengan baik. Selain cara-cara diatas, ada juga beberapa obat alami yang dapat mempercepat proses pertumbuhan rambut, berikut daftar obat alami yang dapat kamu gunakan:

1. Teh hijau

10 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat dan Alamifreepik.com/ededchechine

Seduh teh hijau, dan oleskan pada rambut kamu. Kemudian diamkan rambut selama kurang lebih 30 menit lalu bilas hingga bersih

2. Santan

10 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat dan Alamihealthline.com

Menggunakan santan sebagai obat alami untuk memanjangkan rambut cukup mudah dilakukan. Kamu hanya perlu memberikan santan kental secukupnya pada kulit kepala, kemudian diamkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu, bilas rambut sampai bersih.

3. Lidah buaya

10 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat dan Alamifashionlady.com

Lidah buaya sudah lama dipercaya mampu mempercepat proses memanjangkan rambut. Banyak sekali jenis obat yang menggunakan bahan alami berupa lidah buaya. Kamu hanya perlu mengoleskannya setiap hari kurang lebih 30 menit. Gunakan lidah buaya asli agar kamu mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Minyak zaitun dan kemiri

10 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat dan Alamipixabay.com

Oleskan 5 tetes zaitun atau kemiri pada rambut kamu kemudian pijat lembut selama 10 menit. Kandungan minyak zaitun atau kemiri diklaim mampu mempercepat proses pertumbuhan rambut.

Itulah beberapa cara memanjangkan rambut dengan cepat. Dari penjelasan di atas, cara mana yang sudah kamu terapkan? Ternyata beberapa kebiasaan umum bisa mencegah rambut menjadi memanjang lebih lama ya! Hindari hal-hal tersebut jika ingin memanjangkan rambut lebih cepat.