• Inspiration

Bukan Untuk Dihambur-hamburkan, Inilah 5 Cara Tepat Gunakan Kartu Kredit

Bukan Untuk Dihambur-hamburkan, Inilah 5 Cara Tepat Gunakan Kartu Kredit www.shutterstock.com
Selalu ada yang pertama untuk setiap hal. Termasuk ketika kamu memiliki kartu kredit untuk pertama kalinya, bukan begitu Bela? Kamu pasti akan senang bukan kepalang ketika kartu kredit sudah ada dalam genggaman. Namun, menggunakan kartu kredit juga tak bisa sembarangan, kamu harus pahami 5 hal ini supaya memilikinya tak lagi menjadi bumerang.

1-704d8d28ee66951f8adbe50a564ca369.jpg

Yang perlu kamu lakukan pertama kali adalah menentukan bujet belanja per bulannya. Hal ini penting supaya kamu punya patokan untuk mengamankan uang. Selajutnya, biasakan dirimu untuk berbelanja sesuai rencana yang sudah kamu buat sendiri. Belajar berkomitmen dengan dirimu sendirimu ya.
 

2-b863027eebe7a3ccc6f007e74026e83d.jpg


Salah satu kemudahan kartu kredit yang selalu nampak menggiurkan ialah bisa digunakan untuk menarik uang tunai dari ATM. Meski demikian, kuatkan dirimu untuk tidak menggunakan kemudahan ini. Tolong camkan satu hal lagi, penarikan uang tunai dari kartu kredit dikenai bunga 4-5% per bulan. Nah, kalau keuanganmu hanya cukup untuk kebutuhan bulanan, jangan coba-coba membebani diri sendiri ya.

3-9a25838f89c228437015e51699b847cc.jpg

Dalam penggunaan kartu kredit, ada pilihan untuk membayar minimum tagihan sebanyak 10 persen dari total tagihan yang ada. Tapi, usahakan untuk membayar penuh tagihan setiap bulannya. Hal ini akan kamu rasakan dampaknya yang begitu berguna untuk menjaga cashflow atau aliran masuk-keluar uang di rekening agar tetap lancar. Karena pembayaran minimum akan menyebabkan datangnya tagihan yang lebih besar pada bulan berikutnya.
 

4-82e0c64ec7cd1464a37a6f11ea43ff2b.jpg


Umumnya, penerbit kartu kredit akan bekerjasama dengan sejumlah merchant. Dan jangan kaget ketika mereka seringkali mengirimkan undangan spesial yang berhadiah barang tertentu. Akan lebih tepat dan bijak untukmu memilih mengabaikannya saja. Sebab, kalau kamu datang ke tempat merchant, akan lebih banyak lagi produk yang ditawarkan. Akibatnya, kamu akan tergiur untuk membeli satu atau beberapa produk mereka karena merasa tak enak sudah diberi barang gratis. Bukankah ini hal konyol?

5-d97b50cae68dd40f8aa22af9b392fcd7.jpg


Pemakaian kartu kredit sama halnya seperti kamu sedang dipinjamkan sejumlah uang. Dan limit yang kamu miliki ialah jumlah hutang yang karus kamu bayar setiap kamu memakainya. Kamu wajib mengingat hal ini setiap kali tergoda untuk menggunakannya lagi dan lagi. Limit kartu kredit tidak wajib kamu belanjakan setiap bulan. Kartu kredit bukan uang tambahan. Sampai di sini, paham kan?

Cara terbijak, manfaatkan dan perlakukan kartu kreditmu sebagai dana cadangan. Kalau tak perlu-perlu amat, maka tak usahlah kamu gunakan. Ketika kamu terpaksa menggunakannya, astikan juga kamu bisa melunasinya saat tagihan datang. Kartu kredit memang seolah pisau dapur. Asal kamu paham cara menggunakannya, segalanya akan terasa nikmat.

BACA JUGA: Ternyata Ini 5 Alasan Generasi Millenial Memilih Nggak Memakai Kartu Kredit​

line

Comments

Related Articles

X

Ayo join komunitas sekarang juga!

Facebook Logo Instagram Logo